Ambon, 26/5 (Antaranews Maluku) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku melaksanakan safari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPDI) ke Seram Bagian Timur (SBT) dan Maluku Tengah (Malteng) untuk stabilisasi harga dan ketersediaan barang pada bulan ramadan 2018.

"Kegiatan safari TPID KPw BI Maluku yang dilaksanakan di dua daerah itu masing-masing di Kota Bula pada tanggal 23 Mei dan Masohi pada tanggal 24 Mei 2018 berjalan dengan lancar," kata Kepala Tim Advisory dan pengembangan ekonomi BI Maluku Andy Setyo Biwado di Ambon, Sabtu.

Dia mengatakan rapat TPID yang berlangsung di Bula dipimpin langsung oleh Sekda setempat.

Dijelaskan, TPID SBT juga selalu melakukan upaya untuk menjaga stabilitas harga bahan makanan pada bulan ramadan dan menjelang lebaran 2018, salah satu upaya yakni pemantauan harga bahan makanan di pasar dua kali dalam seminggu.

Selain itu informasi perkembangan harga bahan makanan tersebut juga disosialisasikan pada media sosial milik Dinas Ketahanan Pangan Kabupatan SBT, sehingga dapat diakses oleh masyarakat.

Andy mengatakan, aktivitas pengendalian harga didukung oleh Pemda setempat dengan menggelar pasar murah.

Sedangkan rapat TPID yang berlangsung di Masohi, Malteng dan di Pimpin oleh bupati setempat dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi anggota TPID daerah itu.

TPID Malteng juga telah melakukan hal yang sama dengan SBT, bahkan daerah itu juga memastikan ketersediaan sarana dan prasarana produksi pengembangan balai benih dan mendatangkan komoditas dari luar daerah, di samping itu melaksanakan pasar murah.

Menurut Andy, biaya transportasi menjadi salah satu pemicu peningkatan harga kebutuhan pokok di Malteng, oleh karena itu Pemda setempat telah memberikan kemudahan distribusi kebutuhan pokok melalui subsidi biaya transportasi mulai dari produsen hingga ke lokasi tujuan.

"Pemda Malteng juga telah menambah angkutan penyeberangan kapal feri dengan rute Masohi-Liang guna mendukung kelancaran distribusi bahan pokok," ujarnya.

Melalui koordinasi yang baik antara Pemerintah Daerah dengan TPID daerah, maka Tim Pengendali Inflasi Daerah KPW BI Maluku optimis harga kebutuhan pokok dan bahan makanan di Maluku dapat terjaga stabil menjelang lebaran 2018.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018