Tual, 20/6 (Antaranews Maluku) - Ketua Front Pemuda Muslim Maluku, Umar Ohoitenan atau yang akrab disapa Umar Kei memantapkan langkah menuju Senayan, setelah direstui sejumlah Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda Kepulauan Kei baik Tual maupun Maluku Tenggara.

Umar Kei saat memberi keterangan pers di keidamannya di Desa Mangon, Kota Tual mengatakan niatnya maju sebagai anggota DPR RI Perwakilan Maluku.

"Hari ini saya datang untuk meminta restu kepada seluruh tokoh di Kepulauan Kei. Saya bersyukur tokoh masyarakat di kepulauan Kei baik Kota Tual dan Malra merestui saya untuk dapat mencalonkan diri, maju sebagai calon Anggota DPR RI," kata Umar.

Ia juga meminta dukungan dan dorongan dari insan pers baik dari media elektronik maupun cetak.

Ia menyatakan banyak hal yang mendorong dirinya untuk maju sebagai calon Anggota DPR RI, namun belum waktunya untuk menyampaikannya secara panjang lebar kepada publik.

"Satu hal yang pasti, saat ini saya meminta restu dari seluruh tokoh dan itu bukan hanya di Kepulauan Kei, namun akan saya lakukan di seluruh Kabupaten dan Kota di Maluku," katanya.

Umar juga menyatakan sudah banyak partai yang melamar dirinya untuk bergabung, namun ia belum menentukan partai mana yang akan dipilihnya nanti.

Umar juga mengimbau agar seluruh komponen dalam masyarakat di Maluku untuk secara bersama menjaga keamanan dan ketertiban sehubungan dengan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi, baik Pilkada Maluku, Pilkada Kota Tual, maupun Malra.

"Jangan sampai membiarkan ada yang merusak pesta demokrasi dan adat budaya kita," katanya.


Didukung Dewan Adat

Mewakili masyarakat adat di Kepulauan Kei, Abdul Hamid Rahayaan selaku Ketua Dewan Adat Raja-Raja Kepulauan Kei mengatakan sangat mendukung keinginan Umar Kei untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI perwakilan Provinsi Maluku, karena dia merupakan salah satu figur terbaik asal Kei yang ada diperantuan.

"Dewan adat beserta seluruh raja-raja di kepulauan Kei siap mendukung, ini atas kesepakatan bersama raja-raja di Kei," tegas Abdul Hamid.

Sementara itu, tokoh masyarakat Jamaludin Koedoeboen yang juga Ketua Kerukunan Keluarga Besar Masyarakat Maluku, menyambut baik permintaan restu Umar Kei kepada seluruh tokoh yang ada di daerah itu.

"Itu berangkat dari kesadaran bahwa dirinya (Umar Kei) tidak akan menjadi sesuatu yang berguna bagi bangsa dan negara tanpa restu dari seluruh tokoh di Maluku, khususnya kepulauan Kei", ujar Jamaludin.

"Umar Kei layak dan pantas untuk mewakili Provinsi maluku dalam rangka membangun opini politik Nasional nantinya di DPR RI," katanya lagi.

Mewakili tokoh agama, Arifin Difinubun menegaskan pada prinsipnya mendukung Umar secara maksimal dan semoga bukan hanya sebagai calon namun dapat berhasil menuju Senayan.

"Melihat reputasi Umar Kei baik di tingkat Maluku maupun Nasional telah memberikan kontribusi yang baik khususnya di bidang agama yang ada di Maluku tanpa memandang perbedaan", ungkapnya.

"Oleh karena itu, kami berharap seluruh masyarakat di Maluku khususnya kepulauan Kei agar mendukung keinginan Umar Kei," pungkasnya.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018