Ambon, 6/8 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang guna menyuksekan kegiatan lomba layar Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2018.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Senin, mengatakan, fasilitas disiapkan yakni perbaikan dermaga untuk menyambut kapal layar yang tiba di garis finis, kantor SIDAYR, serta pematangan lahan untuk pengeringan pantai Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe.

Dikatakannya, persiapan menyambut peserta DAYR telah rampung, hanya perlu pembenahan dan pembersihan sampah di laut dan areal sekitar lokasi.

Fasilitas lainnya seperti pos imigrasi untuk pemeriksaan kelengkapan dokumen peserta telah siap serta tempat penjualan makanan dan minuman telah ditata dengan baik oleh masyarakat sekitar.

"Kita menargetkan besok (7/8) kapal pertama tiba di pantai Amahusu dan akan dilakukan penyambutan oleh pemerintah dan warga Amahusu," katanya.

Ia menjelaskan, sejumlah acara juga telah disiapkan seperti penyambutan "Welcome ceremony", acara makan patita (makan bersama) yang melibatkan peserta lomba, tim supporter dan warga kota Ambon

Acara penyambutan peserta SIDAYR juga akan ditampilkan kesenian dan kuliner khas kota Ambon.

Selain acara penyambutan, juga akan digelar pertandingan persahabatan "friendly games" dan pesta rakyat di desa Amahusu.

"Kegiatan lainnya juga akan digelar selama peserta lomba perahu layar berada di Ambon seperti pentas budaya dan jamuan makan malam," kata Richard.

Lomba perahu layar skala Internasional telah digelar selama 32 tahun, menindaklanjuti kerja sama sister city Darwin - Ambon.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018