Ternate, 9/10 (Antaranews Maluku) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), menyalurkan bantuan untuk korban gempa dan Tsunami Palu dan Donggala berupa Logistik, pakaian, makanan siap saji dan uang tunai.

Kapala Kantor Basarnas Ternate, M Arafah melalui siaran pers yang diterima Antara, Selasa, mengatakan bantuan tersebut merupakan donasi dari keluarga besar basarnas ternate sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban bencana alam di Palu dan Donggala.

"Selain itu, Dharma Wanita Persatuan Basarnas Ternate begitu peduli untuk korban gempa di Sulawesi Tengah ini," tambahnya.

Bantuan ini kemudian diserahkan kepada panitia posko bantuan korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Selanjutnya akan dikirim menggunakan Pesawat Hercules milik TNI AU menuju palu melalui Bandara Sultan Babullah Ternate.

Ia menambahkan, selain menggunakan jalur udara, pengiriman bantuan juga melalui jalur laut dengan menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 86 sore nanti.

Ia mengemukakan walaupun bantuan yang kami berikan tak seberapa, namun? berharap bisa membantu saudara-saudara kita yang berada di Palu dan Donggala.

Sebelumnya, sejumlah elemen di Malut menggalang dana dan bantuan bagi korban bencana gempa serta tsunami yang menimpa Kota Poso, Donggala dan Sigi di Kabupaten Sulawesi Tengah (Sulteng).

Wakil Ketua Umum PW Pelajar Islam Indonesia Malut, Wahyu Talib ketika dihubungi terpisah menyatakan, pihaknya telah menerjunkan puluhan relawan dan kader untuk menggalang dana bagi korban gempa dan tsunami di Sulteng dan dana yang berhasil dikumpulkan nantinya akan diserahkan langsung ke Palu.

Dia mengatakan, untuk bantuan ini berhubung Pengurus Besar (PB) PII saat ini membuka posko dan menurunkan relawan dari? PB PII ke Palu dan Donggala, maka uang ini nanti akan diserahkan langsung melalui Posko Induk PB PII.

Oleh karena itu, seluruh kader dan relawan PII Malut akan terus melakukan penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Sulteng hingga Senin (8/10) mendatang langsung ditransfer.

Bahkan, dalam sepekan terakhir, seluruh kader dan relawan Pengurus Daerah PII Kota Ternate dan Komisariat akan tetap melakukan pengumpulan dana di berbagai titik keramaian menggunakan dos dan saat ini telah terkumpul Rp11.500.000.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018