Ternate, 15/10 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) membenahi berbagai infrastruktur wisata berupa sarana dan prasarana dalam menyambut rencana penyelenggaraan Sail Tidore 2021 dan napak tilas 500 tahun perjalanan Maghelhaenz mengelilingi dunia.

"Pemkot diminta segera menyiapkan sarana prasarana pendukung yang memadai, terutama masalah infrastruktur dasar berupa jalan menuju ke berbagai lokasi wisata yang hendaknya diprioritaskan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tikep, Yakub Husain melalui siaran pers yang diterima Antara, Senin.

Dia menjelaskan, tujuan utama kedatangan wisatawan pada pagelaran Sail Tidore 2021 nanti, selain ingin mengetahui lebih jelas napak tilas Maghelhaeinz saat pertamakalinya mengelilingi dunia, tentunya tidak terlepas dari keingintahuan mereka akan kekayaan rempah-rempah di daerah ini.

Oleh karena itu, napak tilas keliling dunia yang dilakukan dalam ekspedisi Maghelhaeinz adalah mencari rempah-rempah yang dimaksud.

Tidore dan berbagai daerah lainnya di Malut dengan jumlah rempah berupa hasil bumi seperti pala, cengkih dan lainnya banyak berada di daerah ketinggian, tentunya infrastruktur jalan juga perlu menjadi perhatian pemerintah daerah setempat.

"Bagaimana para wisatawan dapat menikmati atau melihat secara jelas bagaimana bentuk pohon sampai buahnya, kita harus menyediakan infrastruktur jalan yang memadai seperti di Kelurahan Topo, Folarora, Gurabunga, Gubukusuma, Talaga dan bahkan di Talaga harus dipersiapkan infrastruktur pendukung seperti sarana jalan yang memadai," ujarnya.

Sedangkan, kalau dilihat dari kebijakan pemerintah daerah saat ini, yang lebih mengarah pada perbaikan infrastruktur yang sebelumnya telah dibangun seperti saluran air dan sebagainya, tentunya dapat disimpulkan bahwa pemerintah daerah saat ini belum melakukan persiapan infrastruktur yang memadai dalam menjemput pelaksanaan Daily Tidore 2021 mendatang.

Sebelumnya, Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim ketika dikonfirmasi mengatakan, peringatan 500 tahun ekspedisi Magelhaens Elcano memiliki arti penting dan strategis bagi bangsa Indonesia, terutama Provinsi Malut.

Video Sail Indonesia
   

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018