Ambon, 6/11 (Antaranews Maluku) - Seksi Kesehatan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud)?Pattimura Ambon melakukan tes urine secara mendadak terhadap personelnya guna memastikan mereka bersih dari penggunaan narkotika dan obat terlarang.

Pemeriksaan urine secara mendadak yang berlangsung di Markas Komando Lanud Pattimura, di Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon ditinjau langsung oleh Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb. Antariksa Anondo, Senin.

Sebanyak 68 personel Lanud Pattimura yang terdiri dari 63 anggota militer dan lima orang PNS mengikuti tes urine tersebut.

"Tes urine mendadak ini selain merupakan pengecekan kesehatan kegiatan rutin, juga guna memastikan ada tidaknya personel yang terlibat menggunakan narkotika dan obat-obat terlarang atau jenis psikotropika lainnya," kata Danlanud.

Dia menegaskan, tes urine merupakan salah satu alat ukur untuk memastikan seluruh personel bebas dari penggunaan narkoba sebagai bahan berbahaya yang marak beredar di Tanah Air, termasuk di Maluku dan berdampak merusak masa depan generasi muda bangsa.

"Tes urine mendadak ini harus diikuti secara sadar oleh setiap personel Lanud Pattimura agar tidak sekali-kali menggunakan zat narkotika dan sejenisnya. Tes urine ini juga merupakan kegiatan pengecekan dalam rangka menilai kesiapan kerja setiap anggota," tegas Danlanud.

Antariksa mengatakan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Sikes Lanud Pattimura, tidak ditemui prajurit ataupun PNS yang terlibat menggunakan zat narkotika dan psikotropika.

"Saya pastikan tes urine terhadap seluruh personel Lanud akan dilakukan secara berkala sehingga tidak terbuka ruang bagi mereka untuk terlibat kegiatan penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang," tegasnya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018