Ambon, 10/11 (Antaranews Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff meminta generasi muda memaknai peringatan Hari Pahlawan 2018 dengan menjadi pejuang pendidikan guna meningkatkan kualitas bidang tersebut di daerah itu.

"Generasi muda sebagai penerus harapan bangsa perlu memaknai perjuangan para pahlawan dengan giat belajar sehingga mampu mengangkat kualitas pendidikan di Maluku," kata dia usai memimpin peringatan Hari Pahlawan di lingkup Pemprov Maluku di Ambon, Sabtu.

Dia menegaskan pendidikan berkualitas salah satu faktor penting lahirnya generasi muda Maluku yang tanguh dan berkualitas pada masa mendatang, untuk melanjutkan usaha memajukan pembangunan daerah, bangsa, dan negara.

Menurut Said, perjuangan para pahlawan dengan mengorbankan darah dan nyawa untuk kemerdekaan bangsa dan negara perlu terus digelorakan dalam jiwa generasi muda sekaligus menjadi titik tolak untuk membangun dan memajukan bangsa dan negara di berbagai bidang.

"Dengan menguasai pendidikan yang berkualitas kaum generasi muda akan mampu melakukan inovasi serta langkah terobosan untuk membangun daerah serta bangsa dan negara di berbagai bidang," katanya.
 
Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 (Jimmy Ayal)

Dalam rangkaian peringatan itu, Gubernur Said juga memimpin upacara tabur bunga di Dermaga Irian, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, di Halong, Kecamatan Baguala yang dihadiri pimpinan TNI dan Polri serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Maluku dan Kota Ambon.

Selain itu, ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Tantui dipimpin Komandan Lantamal IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang bersama Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.

Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan 2018 tingkat Provinsi Maluku yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon.

Hadir pada kesempatan itu, antara lain ribuan PNS Pemprov Maluku, Pemkot Ambon, personel TNI dan Polri, siswa SD hingga SMA di Kota Ambon, serta sejumlah veteran.
 
Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 (Jimmy Ayal)

Kasdam dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan generasi muda serta masyarakat di Maluku untuk menghindarkan diri dari penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang, seks bebas, serta minuman beralkohol yang berdampak merusak masa depan.

Usai upacara Kasdam Pattimura bersilaturahim dan memberikan cendera mata kepada para veteran dan keluarga veteran, serta dilanjutkan sejumlah perlombaan dan pengumuman pemenang lomba kebersihan sekolah tingkat SD hingga SMA di Kota Ambon.

Kodam Pattimura juga melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat bertepatan dengan Hari Pahlawan, servis motor dan cukur gratis, serta pasar murah yang dilakukan Yayasan Pelangi.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018