Ternate, 10/12 (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) berencana membangun portal elektronik untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi parkir.

"Untuk tahun ini, kami mulai bekerja sama dengan pihak Jatiland Mall melalui penandatanganan kerja sama yang ditandatangani langsung oleh Joni Litan dalam pengelola lahan parkir Jatiland Mall, dimana dalam kerja sama pengelolaan retribusi parkir ini dibagi sama ke pengelola dan Dishub," kata Plt Kadishub Kota Ternate, Faruk Albaar di Ternate, Senin.

Dia mengatakan, meskipun portal elektronik tidak masuk dalam APBD 2019, tapi Pemerintah Kota Ternate akan membatalkan kegiatan yang tidak ugjen untuk dimasukkan dalam pengadaan portal elektronik.

Oleh karena itu, setelah kerjasama dengan Jatiland Mall, maka parkir elektronik mulai Februari mulai difungikan, meskipun tidak masuk dalam APBD tahun 2019, namun nantinya dilihat dari kegiatan yang tidak terlalu urgen untuk pengadaan parkir elektronik.

"Nanti saya lihat anggaran di situ yang bisa didorong untuk didahulukan parkir elektronik jadi tidak pangkas tetapi pergeseran saja dengan nilai Rp160 juta," ujarnya.

Meski begitu, dalam kerja sama ini belum juga diketahui apakah petugas yang melakukan penagihan langsung atau dilibatkan Dishub, kalaupun pihak Jatiland Mall yang menagih maka Dishub akan melakukan pengawasan di lapangan.

Tidak hanya itu, kata Faruk, parkir elektronik ini akan disiapkan oleh Dishub, namun cara penghitungan waktu belum pasti oleh Dishub, sehingga pihaknya masih melihat aturannya, teapi cara memakai elektronik ini sudah memakai kartu.

"Maka dari itu, kartu pertama harus seluruh SKPD beli dan itu bekerja sama dengan BRI sehingga ketika digesek masuk di BRI nantinya baru BRI yang menyetor di kas daerah, bahkan portal manual yang disediakan sebelumnya akan merencana merubah menjadi parkir elektronik," ujarnya.

Dia menambahkan, kebijakan ini dilakulan untuk menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena sejak dirinya dilantik menjadi Plt Kadishub adanya penambahan Rp100 juta lebih hanya dalam satu bulan.

"Saya akan targetkan sampai tutup buku bisa menggenjot pendapatan melalui retribusi parkir di kawasan Jatiland Mall bisa mencapai Rp500 juta," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018