Ternate, 30/12 (ANTARA News) - Sedikitnya 32 tim sepak bola berpartisipasi dalam turnamen Walikota Ternate Cup, Maluku Utara (Malut) yang akan berlangsung di lapangan Gelora Kieraha selama sebulan.

"Turnamen yang dimulai hari ini, bukan saja club di bawah Persiter Ternate, tetapi ada pula tim luar Ternate. Ketiga tim itu yakni? PS Poram? Tidore Kepuluan, PS Kayoa dan PS Askab? Halmahera Selatan," kata Ketua Panitia Turnamen Walikota Cup, Ramdani Abubakar di Ternate, Minggu.

Open tournament Walikota Cup? III ini selain memperingati Hari Jadi Ternate (HJT) juga menjadi ajang? mencari bibit pemain muda untuk memperkuat? Persiter untuk mengikuti liga 3 hingga liga 2 tahun 2019 dan merupakan target Pengurus Persiter dengan turnament ini Persiter harus masuk liga 2 tahun depan.

Menurut dia, pembukaan yang berlangsung hari ini dihelat karena semua perangkat pertandingan seperti pengawas pertandingan PSSI sudah dikoordinasikan dengan Askot Ternate dan Asprov Malut.

Dia menyatakan, dari 32 tim ini dibagai dalam 8 grup dengan menggunakan setengah kompetisi dan laga pembukan akan mempertemukan? dua tim yakni? PS Indonesia Muda Kampung Pisang bertindak sebagai juara bertahan melawan PS Tunas Selatan,? Kayu Merah.

Sementara itu, Sekum Persiter Ternate, Amin Subuh ketika dihubungi terpisah menyatakan, turnamen Walikota Cup ini bertujuan untuk mencari pemain berbakat yang nantinya perkuat Persiter pada Liga Indonesia.

Sehingga, turnamen ini seluruh tim diwajibkan memasukkan pemain usian di bawah 23 tahun minimal lima pemain dan diwajibkan minimal tiga pemain usia tersebut masuk dalam Daftar Susunan Pemain (DSP).

Dia mengakui, aturan yang diberlakukan dalam turnamen Walikota Cup ini sangat beralasan, karena ingin mencari pemain terbaik yang bisa perkuat Persiter Ternate di Liga 3 nanti, karena Pengurus Persiter bertekad tahun 2019 mendapat Persiter harus menembus Liga 2.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018