Ternate, 2/1 (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara melakukan kunjungan kerjanya di Maluku Utara (Malut) untuk meresmikan sejumlah proyek jaringan komunikasi di daerah perbatasan Pulau Morotai dan Kota Ternate.

"Saya berharap setelah Palapa Ring selesai dan saya akan berusaha untuk menyamakan harga Telkomsel seluruh Indonesia khususnya wilayah Timur Indonesia," kata Menkominfo Rudiantara saat berkunjung di Pulau Morotai, Rabu.

Menkominfo kunjungan kerja ke Provinsi Malut selain meresmikan proyek jaringan komunikasi di Pulau Morotai, juga meninjau proyek jaringan komunikasi di kawasan Tafure Kota Ternate.

Dalam kunjungannya itu, Menkominfo mengapresiasi sambutan masyarakat dan berjanji dengan berubah jaringan dari 2G Ke 4G biar mudah lagi untuk berkomunikasi sama keluarga yang di luar kota.

Kunjungan Menkominfo di Pulau Morotai langsung dijemput Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, Danlanud Leo Wattimena Kolonel Nav Arif Budhiyanto bersama Para Forkopimda Kabupaten Pulau Morotai menyambut kedatangan Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara S.Stat. MBA beserta rombongan di Bandara Pitu Pulau Morotai.

Pada penyambutan tersebut Danlanud Leo Wattimena Kolonel Nav Arif Budhiyanto ketika dihubungi mengatakan kedatangan beserta rombongan Ke Pulau Morotai dalam rangka kunjungan kerja Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara dalam meningkatkan jaringan komunikasi agar masyarakat bisa terbantu untuk komunikasi baik dalam daerah maupun luar daerah.

Sementara itu, PT Telkom Indonesia (Persero) telah berupaya pemulihan layanan telekomunikasi yang sempat terganggu di wilayah Malut dalam sepekan terakhir terutama di Sanana, Labuha, Ternate dan Sofifi (Halmahera) mulai normal.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dihubungi secara terpisah menyatakan, gangguan yang terjadi sejak Rabu (26/12) disebabkan oleh putusnya kabel laut serat optik ruas Namlea - Sanana di titik 183 km dari tersili.

Dia menyatakan, Telkom terus berupaya memulihkan layanan yang terganggu dan saat ini, layanan telekomunikasi di wilayah Sanana dan Labuha telah kembali normal.

Sedangkan untuk Ternate dan Halmahera, saat ini menggunakan backup sistem satelit dengan kapasitas yang masih terbatas. Kami terus upayakan pemulihan gangguan layanan ini sesegera mungkin.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019