PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menjamin pemasokan kelistrikan, baik menjelang Bulan Suci Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Untuk menjamin pasokan litrik itu disiagakan 750 petugas mulai 5 Mei hingga 16 Juni 2019 atau H+10 perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah, kata General Manager PLN UIW MMU, Romantika Dwi Juni Putra, saat apel siaga gelar pasukan dan peralatan pengamanan pasokan kelistrikan, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, daya listrik yang tersedia di sistem kelistrikan Maluku dan Maluku Utara cukup untuk melayani kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Untuk sistem Ambon, saat ini daya mampu mencapai 70 MW dengan beban puncak 53-54 MW. Sehingga daya yang tersedia cukup karena terdapat cadangan daya sebesar 16-17 MW.

Sedangkan untuk sistem Ternate-Tidore, daya mampu mencapai 47,1 MW dengan beban puncak sebesar 33,3 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 13,8 MW.

"Tetapi harus diwaspadai yakni gangguan yang disebabkan cuaca ekstrem maupun faktor alam lainnya," ujarnya.

PLN, kata Romantika, juga telah menyiapkan 17 genset berkapasitas 40 kW, 60 kW, 100 kW dan 160 kW yang disiapkan di lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri di Maluku dan Maluku Utara.

Di Kota Ambon, PLN akan menyiagakan genset berkapasitas 160 kW di Masjid Al-Fatah dan genset berkapasitas 40 kW di Masjid Galunggung.

Di samping itu, PLN juga mengimbau kepada para pelanggan untuk dapat menghubungi Contact Center PLN 123 apabila terdapat gangguan kelistrikan yang mungkin dialami

Ia menambahkan, jelang Ramadhan dan Idul Fitri pihaknya memberikan kesempatan kepada pelanggan yang ingin menambah daya listrik di rumahnya dengan memanfaatkan promo program menembus batas.

Program tersebut diberikan diskon tambah daya sebesar 75 persen dan 100 persen yang berlaku hingga 31 Desember 2019. Bagi pelanggan yang memiliki kompor listrik atau motor listrik, pihaknya juga memberikan diskon tambah daya sebesar 75 persen dan diskon 100 persen bagi pelanggan yang memiliki mobil listrik

Pelanggan yang ingin mengikuti promo tersebut dapat membuktikan dengan struk pembelian maupun bukti kepemilikan dari peralatan-peralatan elektronik tersebut.

"Melalui promo ini kami ingin memberikan kenyamanan bagi pelanggan rumah tangga kami dalam memanfaatkan listrik khususnya di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H," katanya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019