Rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri (BUHN) tahun 2019 yang merupakan kegiatan CSR PT. Pegadaian (Persero) dan PT. Pelayaran Indonesia kali ini berpusat di provinsi Maluku.

Diawali dengan acara Safari Ramadhan di kota Namlea, kabupaten Buru pada 21 Mei 2019,  PT. Pegadaian (Persero) dan PT. Pelayaran Indonesia membagikan 500 buah Al Qur'an, menyelenggarakan pasar murah, dan membagikan bingkisan sekaligus uang santunan kepada masyarakat kurang mampu di wilayah tersebut.

Penyerahan Al Qur'an di Kabupaten Buru dipusatkan di kantor oulet Pegadaian yang berada di Kota Namlea.

Pasar Murah diadakan di halaman kantor pemerintah kabupaten Buru, mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIT, menyediakan 500 paket sembako, masing-masing seharga Rp200.000, berisi 10 kg beras , 3 liter minyak goreng, 3 kg terigu, dan 3 kg gula pasir.

Masyarakat yang kurang mampu mendapatkan paket tersebut dengan cara membeli kupon senilai Rp 25.000,- yang sudah dibagikan sebelumnya.

Sore harinya, PT. Pegadaian (Persero) dan PT. Pelayaran Indonesia mengadakan kegiatan buka puasa bersama Bupati Buru di dalam aula kantor pemerintah kabupaten Buru dengan mengundang anak-anak yatim dan pengelola beberapa pondok pesantren, panti asuhan, dan taman pengajian anak.

Dalam acara tersebut, sebanyak 750 anak mendapat bingkisan berupa sajadah dan snack masing-masing senilai Rp 100.000,- dan uang santunan sebesar Rp 250.000,- untuk setiap anak.

Kegiatan Safari Ramadhan dilanjutkan di Kota Ambon pada 24 Mei 2019 berupa pemberian bingkisan dan uang santunan bernilai sama kepada 250 anak yatim dan santri.

Sumbangan berupa 500 buah Al Qur'an juga diserahkan di Kota Ambon kepada pengurus pondok Hidayatullah, Ishaka dari Ahuru, Yayasan As Salam dan Masjid An Nafi, dilakukan oleh PT. Pegadaian (Persero) dan PT. Pelayaran Indonesia menjelang acara buka puasa bersama di Masjid An Nafi yang berlokasi di lingkungan Asrama PHB Kodam , Jl. Tulukabessy , Ambon.

Dalam sambutannya , Vice President Area Ambon Asih Subekti mengatakan kegiatan itu merupakan satu rangkaian program Safari Ramadhan 2019 BHUN di Provinsi Maluku. Program lainnya yang akan ditindaklanjuti berikutnya adalah pemberiaan bantuan kepada lima pesantren dan panti asuhan, masing masing senilai Rp 100 juta serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Pewarta: Gabby Sembiring

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019