Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas)T  Maluku Utara (Malut) menyiagakan personelnya di dua titik objek wisata guna memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi warga setempat untuk memanfaatkan liburan pada H+1 Lebaran di objek wisata pantai Ternate.

Kabag Humas Basarnas Ternate, Iksan M Nur di Ternate , Kamis, menyatakan, seluruh fasilitas telah ditempatkan di Pantai Sulamadaha dan Jikomalamo , di setiap titik ada lima personel yang disiagakan.

Selain itu, Basarnas Ternate juga menyiapkan perahu karet, jetski dan peralatan pertolongan lain di areal objek wisata serta menyiagakan kapal patroli KN 237 Pandudewanata untuk memberikan rasa kenyamanan kepada masyarakat apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Kendati demikian, kata Iksan, hingga pagi ini, suasana di kedua objek wisata Pantai Ternate untuk masih normal dan diprediksi pada H+3 dan H+4 tempat itu akan dipenuhi warga yang akan berwisata menghabiskan waktu liburan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Dia menambahkan, Basarnas Ternate dalam pelayanan Idul Fitri 2019 telah membangun 13 pos pelayanan Lebaran dalam kesiapsiagaan SAR angkutan Lebaran melalui penanganan kecelakaan saat arus mudik dan balik lebaran.

Dari 13 pos yang dibangun itu, sembilan unit diantaranya berada di Kota Ternate, dua di Kota Tobelo Halmahera Utara dan dua pos lainnya berada di Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan.

Sedangkan, untuk posko gabungan Siaga Khusus Lebaran sendiri, anggota Basarnas sudah terpencar di beberapa titik diantaranya Bandara Sultan Babullah, Pelabuhan Dufa-Dufa, Pelabuhan Pelni Ahmad Yani Ternate, Pelabuhan Armada Semut, Pelabuhan Speedboat Bastiong, Pelabuhan ASDP Ternate dan tempat wisata.

Untuk Posko Siaga Lebaran di luar Ternate, tentunya seluruh personel telah disiagakan di Pos Sar Tobelo dan Unit Siaga SAR Bacan, agar bisa memantau arus mudik jelang lebaran. Karena sampai sejau ini masih arus mudik masih aman.

Sementara itu, Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah ketika dihubungi sebelumnya mengimbau kepada masyarakat apabila hendak berpergian utamakan safety first, apabila ada suatu musibah kondisi yang membahayakan langsung saja telpon ke Basarnas via Emergency Call 115 bebas Pulsa serta No telpon (0921) 3120069 dan akan membantu 24 jam.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019