Polda Maluku Utara (Malut) menyebut, pengamanan arus balik hingga di "H+7" Hari Raya Idul Fitri 1440 aman terkendali, meskipun terjadi peningkatan arus balik penumpang secara signifikan dari dan ke Ternate melalui pelabuhan.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar di Ternate, Kamis mengatakan, secara umum nisbi aman dan belum mendapat laporan terjadinya kasus kecelakaan baik darat maupun laut di seluruh wilayah kabupaten/kota di Malut karena hingga kini, arus balik di Malut aman dan tidak ada mengalami masalah.

Selain itu, untuk potensi kerawanan dan gangguan kamtibmas lainnya, seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong, begal, dan hipnotis berhasil ditekan.

Untuk itu, pihaknya berharap seluruh polres agar dapat mengambil langkah pre-emtif maupun preventif yang diperlukan sehingga bisa menekan potensi yang ada.

"Tentunya dengan adanya koordinasi dengan pihak Basarnas, BMKG dan pihak terkait lainnya, dalam upaya mengantisipasi dan mewaspadai potensi bencana alam," ujarnya.

Menurutnya, operasi ini juga melibatkan personel TNI-AD dan TNI-AL dengan menyiagakan personel yang di berbagai titik untuk pengamanan selama arus balik lebaran, mulai dari jalan raya, pelabuhan Ahmad Yani, armada semut hingga Bandara Babullah Ternate.

Selain itu, segenap unsur yang terlibat dalam pengamanan mudik di Malut untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas secara cepat dan tepat.

"Petugas telah memberikan pelayanan kepada pemudik secara humanis, karena semua petugas agar memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik serta menghindari sikap arogansi dan kesewenang-wenangan selama menjalankan tugas nanti," tuturnya.

Dalam operasi ketupat ini, Polda menyiagakan 664 personelnya guna memberikan pelayanan dan kenyamanan selama Hari Raya Idul Fitri melalui operasi "Ketupat Kieraha-2019" mulai hari ini 29 Mei hingga 10 juni 2019.

Jumlah personel operasi sebanyak 644 orang yang terdiri dari Polda Malut sebanyak 148 orang dan Polres jajaran sebanyak 496 orang dan dalam operasi mengedepankan Kegiatan Turbinjali, Kamseltibcar Lantas, Lidik Sidik dan Banops dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1440 Hi guna mewujudkan situasi kamtibmas dan kamseltibcar lantas yang kondusif, sehingga masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019