Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq menyatakan keberadaan fitness center atau pusat kebugaran di berbagai daerah terutama di kota-kota besar sudah menjadi gaya hidup dan mendunia.

"Bagi tentara, menjaga kebugaran fisik adalah suatu keharusan, bahkan setiap hari sebelum bertugas, seorang tentara harus berolahraga minimal 1 jam," kata pangdam saat memberikan sambutan pada acara peresmian Pattimura Fitness Center di Makodam Pattimura di Kawasan Mardika, Kota Ambon, Kamis.

Peresmian pusat kebugaran itu dilakukan Pangdam Marga dengan membuka selubung prasasti, dilanjutkan pengguntingan pita pada pintu masuk area latihan oleh 
Gubernur Maluku Murad Ismail, disaksikan Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa dan pejabat Forkopimda Maluku lainnya.
Area Pattimura Fitness Center di Makodam XVI/Pattimura di kawasan Mardika, Kota Ambon. (John Nikita Sahusilawane)

Pattimura Fitness Center dibangun di bekas area parkir kendaraan pejabat utama Kodam XVI/Pattimura seluas 144 meter persegi (24 x 6 meter).

Pusat kebugaran itu juga dilengkapi sauna dan kantin untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

"Kami juga mempunyai pelatih (instruktur) andal, cukup banyak, salah satu pelatihnya Pak Gubernur," kata Pangdam Marga,  yang juga kreator Kampung Tentara dan Cafe Jenderal di Kota Malang, Jawa Timur.

Ia menambahkan, Pattimura Fitness Center tidak hanya untuk tentara, tetapi nanti akan dibuka untuk masyarakat umum, khususnya yang punya minat untuk mengembangkan otot-otot dan memelihara stamina tubuh agar tetap sehat dan kuat.
Gubernur Maluku Murad Ismail didampingi Pangdam Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq melihat satu alat olah tubuh di Pattimura Fitness Center di Makodam, Kamis (11/7) (John Nikita Sahusilawane)

Usai pengguntingan pita, acara dilanjutkan dengan peninjauan berbagai peralatan oleh para undangan, dan Gubernur Murad Ismail sempat mencoba beberapa alat yang tersedia. Setelah itu menuju ruang sauna dan diakhiri dengan ramah tamah di teras Kantin Prajurit.

Selain Forkopimda Maluku, acara peresmian Pattimura Fitness Center juga dihadiri pejabat hotel berbintang 4 dan 5 di Kota Ambon, dan kalangan perbankan.

Pewarta: John Nikita S

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019