Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Utara (Malut), terus mendorong agar kegiatan di Malut yang bersifat promosi pariwisata daerah dan meningkatkan kunjungan wisata dapat dilaksanakan secara konsisten sehingga setiap daerah dapat terus menyajikan daya tariknya.

"Atas kegiatan –kegiatan tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Malut akan senantiasa memberi dukungan. Pada Event Expo/ Fagogoru Halmahera Tengah tersebut  Dispar Malut kembali melakukan dukungan pada kegiatan event dimaksud ," kata Kepala Dinas Pariwisata setempat,  Tahmid Wahab di Ternate, Selasa.

Dia menyatakan, Pemprov Malut terus mendorong Kabupaten dan Kota untuk senantiasa memperbanyak event-event daerah, tentu event yang dilaksanakan harus dikemas secara provesional dengan menyajikan sejumlah daya tarik unggulan daerah dengan ciri khasnya masing-masing.

Tahmid mencontohkan, di Kabupaten Halmahera Tengah pada Oktober ini sedang menyelenggarakan event yang dikemas dalam bentuk expo Halmahera Tengah.

Dimana, kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 13 hingga 31 Oktober 2019 adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan ragam keunggulan prodak dan daya tarik Halmahera tengah.

Dalam kegiatan tersebut banyak sajian atraksi Seni Budaya yang dilaksanakan untuk memeriahkanya dan termasuk pameran berbagai produk yang dimiliki masyarakat.   

"Dinas Pariwisata provinsi akan terus berjuang untuk mempromosikan setiap event daerah yang telah memenuhi persyaratan agar dapat masuk pada Calender Of Event. Untuk diketahui bahwa di tahun 2020, Provinsi Malut telah berhasil menominasikan Event Daerah pada Calender Event Nasional yakni Festival Pulau Morotai, Festival Teluk Jailolo dan Festival Tidore," katanya.

Tahmid menambahkan,  pada tahun 2019 ini selain dukungan event ke Halmahera tengah tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Utara sebelumnya telah melaksanakan dukungan serupa pada  pelaksanaan  event di beberapa daerah diantaranya adalah Kabupaten Morotai, Kabupaten Halmahera Utara, Kota Tidore Kepulauan, dan berpartisipasi pada  legu Gam.

"Tentu ini merupakan komitmen kami untuk mendorong setiap Kabupaten dan kota untuk selalu meningkatkan daya tariknya dengan terus menggali sejumlah keunggulan-keunggulan kompetitifnyanya, dan kedepan kita akan lebih meningkatkan  lagi dukungan –dukungan pemprov pada Daerah – daerah yang konsisten melaksanakan promosi kepariwisataannya,"imbuhnya

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi Dispar Malut, Soraya Assagaf menyatakan, dukungan kegiatan dimaksud adalah berupa pakaian kerja lapangan dan dukungan bahan cetak.

"Dukungan ini merupakan salah satu perhatian Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan diharapkan dapat menambah semangat untuk terus meningkatkan nilai dan promosi  setiap event yang dilaksanakan, juga dukungan tersebut pada akhirnya menjadi informasi dan Promosi event kepada khalayak sehingga Halmahera tengah  senantiasa dapat terpromosikan," katanya.

Sehingga, pihaknya berharap agar kegiatan event Halmahera Tengah dapat terus didukung  guna meningkatnya daya tarik dan minat wisata ke Halmahera Utara.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019