Partai Gerindra akan memberikan rekomendasi politik secara serempak kepada Balon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung dalam pemilihan umum kepala daerah 2020 pada empat wilayah di Provinsi Maluku.

"Dalam waktu singkat ini surat rekomendasinya sudah turun untuk para balon kepala daerah dari empat wilayah sekaligus," kata Ketua Bidang OKK DPD Partai Gerindra Maluku, Melki Sairdekut di Ambon, Selasa.

Empat daerah yang secara serempak akan menggelar perhelatan pesta demokrasi Pilkda 2020 adalah di Maluku adalah Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, serta Kabupaten Maluku Barat Daya.

Umumnya para kandidat yang akan bertarung dalam pesta demokrasi ini adalah petahana seperti pasangan balon Bupati-Wabub Kabupaten Kepulauan Aru, Johan Gongan-Muin Sogalrey, serta balon bupati Kabupaten MBD, Benjamin Thomas Noach yang merupakan petahana.

Kemudian balon Bupati SBT Mukti Keliobas yang kali ini memilih pasangan Wabub yang lain.

Untuk Kabupaten Buru Selatan, masa jabatan Bupati Tagop Soulisa akan berakhir setelah menjadi kepala daerah selama dua periode.

Sementara Wabub SBT petahana Fakhri Husni Alkatiri maju sebagai balon bupati dan berpasangan dengan Aroby Kelian, kemudian ada mantan anggota DPR RI Rohani Vanath juga maju bertarung dalam pesta demokrasi pada 23 September 2020.

Menurut Sairdekut, Partai Gerindra bersifat terbuka dan memberikan kesempatan terhadap semua kandidat yang telah mendaftar untuk merebut rekomendasi serta dukungan politik.

"Seluruh kandidat juga telah disurvei tingkat elektabilitasnya oleh DPP Partai Gerindra sehingga dalam waktu singkat ini partai sudah bisa memberikan rekomendasi kepada balon yang dinilai tepat," ujarnya.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020