Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Maluku Tenggara (Malra) menggalakkan penyemprotan cairan disinfektan di daerah itu untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19).

Bupati Malra M. Thaher Hanubun menyatakan penyemprotan disinfektan sudah digalakkan oleh berbagai pihak, baik oleh tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Malra yang melibatkan unsur TNI/Polri, maupun penyemprotan oleh Batalyon C Sat Brimob Polda Maluku.

"Sasaran utama penyemprotan adalah fasilitas umum, perkantoran, rumah ibadah, rumah sakit, pasar, sekolah, serta perkampungan," kata Thaher, usai memimpin kegiatan penyemprotan dengan memanfaatkan dua kendaraan milik Dinas PUPR Malra yang telah dimodifikasi, di Langgur, Jumat.

Lokasi yang disemprot antara lain lingkungan Wearsten Langgur, Ohoi Kolser, ruas jalan perumahan daerah (Pemda), dan Lingkungan Ohoibun. Penyemprotan ini akan dilanjutkan di berbagai lingkungan di sekitar wilayah Ibu Kota Malra (Langgur).

Terkait kendaraan milik PUPR yang telah dimodifikasi untuk menyemprot disinfektan, Kepala Bidang Bina Konstruksi Dinas PUPR Malra Jerry Notanubun menjelaskan, kendaraan yang dipakai menyemprot disinfektan merupakan kendaraan sanitasi milik PUPR yang hanya terparkir.

"Maka, dalam misi kemanusiaan, kita modifikasi dua unit kendaraan tersebut untuk membantu tim gugus tugas dalam penanganan COVID-19 di Malra dalam hal penyemprotan disinfektan," katanya.

Dua unit kendaraan itu masing-masing memiliki kapasitas 4.000 liter dan dengan mudah masuk ke kawasan pemukiman warga.

"Kendaraan itu akan tetap disiapkan untuk menyemprot disinfektan di lingkungan-lingkungan masyarakat, dan tentunya kami terus berkoordinasi dengan tim gugus tugas COVID-19 Malra sebagai relawan dalam misi kemanusian tersebut, tandas Jerry.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020