Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra)  dalam mengantisipasi dan mencegah wabah COVID-19 di wilayah tersebut melibatkan insan pers untuk mengedukasi masyarakat tentang penyakit tersebut.

Kadis Kominfo Malra Antonius Raharusun menyampaikan hal tersebut dalam keterangan pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malra, di Langgur, Senin.

"Dalam upaya mengantisipasi COVID-19, kami merangkul insan pers dalam Satgas COVID-19 guna memberi edukasi kepada masyarakat," kata Antonius.

Ia menyatakan peran pers sangat penting untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat tentang COVID-19 dan apa saja upaya yang dilakukan oleh Pemkab Malra baik langkah yang dilakukan berupa imbauan maupun aksi tanggap tim gugus tugas dalam mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

Selain itu, Pemda perlu juga ingin mengetahui dari pers mengenai tanggapan masyarakat terhadap apa yang dilakukan Pemda terkait COVID-19, sehingga itu menjadi bahan evaluasi gugus tugas dalam bekerja.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas COVID-19 Malra, Mohtar Ingratubun menyampaikan satgas intens memberikan edukasi kepada masyarakat terkait COVID-19.

Hingga kini pemeriksaan juga dilakukan oleh satgas di Bandar Udara Karel Sadsuitubun, dimana hasil pemeriksaan terhadap penumpang tidak ditemui penumpang dengan gejala COVID-19.

Pemeriksaan rutin juga dilakukan di posko Karantina Mandiri yaitu, Hotel Langgur, Ohoi Sathean, Ibra, Wain Raja, Watngon, Rewav, Elaar Let, Watngil, Wab Dan Ohoibadar, dimana hasil pemeriksaan tidak ditemukan gejala penderita COVID-19.

Jumlah yang melakukan Karantina Mandiri dari 458 Pelaku Perjalanan dapat disampaikan bahwa 7 orang yang melakukan Karantina Mandiri di Hotel Langgur dan lainnya di rumah keluarga, Ohoi, dan Kecamatan.

Mohtar menyatakan pihaknya sangat mengharapkan kesadaran diri pelaku perjalanan untuk mematuhi SOP Isolasi/Karantina Mandiri.

Dirinya juga mengimbau semua warga masyarakat di Malra melakukan pemantauan pelaku perjalanan sehingga benar-benar melakukan Physical Distancing, tetap tinggal dalam rumah, jaga jarak dan tidak bersentuhan fisik serta melakukan perilaku hidup bersih.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020