Harga bawang putih yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, sehari menjelang perayaan hari raya idul fitri 1441 Hiojriah bergerak turun.

Hasil pemantauan di  di pasar Mardika dan Batu merah, Sabtu, pedagang menawarkan harga bawang putih Rp38.000/Kg, atau turun dari sebelumnya Rp45.000/Kg, sedangkan bawang merah masih tetap mahal yakni Rp58.000/Kg.

Sedangkan untuk harga eceran baik bawang merah maupun bawang putih ditawarkan Rp5.000/kantung plastik kecil, dan Rp3.000 pee tumpuk.

"Terserah pembeli kalau rasa mahal silahkan membeli dalam bentuk eceran, sebab kita di pasar ini mengikuti perkembangan harga pasaran," ujarnya.

Memang ada juga pedagang yang masih menjual bawang putih dengan harga Rp40.000/Kg dengan alasan mereka memiliki stok lama, terserah masyarakat yang berbelanja tinggal memilih saja.

Sedangkan untuk harga cabai merah biasa masih tetap normal dan bervariasi yakni Rp40.000 hingga Rp50.000/Kg, sedangkan cabai keriting panjang Rp30.0000 hingga Rp35.000/Kg, harga eceran cabai merah biasa Rp7.000/cupa, dan cabai keriting Rp5.000/tumpuk kecil.

Pedagang pasar Mardika, Rustam mengatakan, stok cabai merah biasa maupun keriting panjang sekarang ini cukup banyak di pasar, arus pasok juga lancar dari sentra produksi, terutama dari desa-desa di Pulau Ambon yang selama ini dijadikan lahan untuk pasokan ke pasar Ambon.

"Jadi tidak ada masalah dengan stok cabai, kalau ada perubahan naik sedikit itu hanya ulah pedagang saja memanfaatkan harga hari besar keagamaan untuk mencari sedikit keuntungan," ujarnya.

Masyarakat Kota Ambon sudah tidak kaget lagi, anggap biasa kalau terjadi perubahan harga menjelang hari-hari besar keagamaan, dan itu terus terjadi dari tahun ke tahun.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020