Harga ikan segar jenis sembung seperti momar dan kawalinya yang ditawarkan para pedagang di pasar ikan Arumbai, kawasan pasar Mardika, Kota Ambon terhitung murah.

Hasil pantauan di lokasi pasar ikan Arumbai, Kamis, para pedagang mematok ikan sembung cukup murah yakni Rp10.000/tumpuk (20 hingga 25 ekor), ada juga yang sedikit besar Rp10.000/tumpuk (delapan ekor)dan jenis lainnya Rp20.000/delapan ekor.

"Silahkan membeli, terserah mau ikan yang mana, ini kesempatan terutama ikan momar dan kawalinya maupun jenis ikan lainnya sangat murah," kata Udin penjual yang ditemui di lokasi transaksi.

Ruben, penadah ikan di pasar Arumbai mengatakan, ikan sudah masuk pasar dari pagi hari dari beberapa desa nelayan di Kota Ambon, silahkan memilih, yang pasti sesuai dengan kesukaan anggota keluarga.

"Kalau yang jenis kecil ini, saya jual kepada pedagang Rp225.000 hingga Rp250.000/parteng (sejenis loyang besar), terserah pedagang mau jual eceran berapa, nanti mereka yang patok berapa supaya mereka juga menarik keuntungan," ujarnya.

Namun, kata dia, ikan cakalang segar atau ikan tatihu, maupun ikan tuna dan ikan karang lainnya hingga kini masih terbilang mahal.

"Ikan segar jenis cakalang dan tatihu sekarang ini sudah sulit di padat di pasar Ambon, sebab arus pasok dari desa-desa nelayan yang ada di Pulau Ambon sudah mulai berkurang mengakibatkan harga bergerak naik," ujarnya.

Ruben mengakui ikan yang ditawarkannya umumnya ikan beku (diberi es), kalau ikan segar sudah mulai jarang terlihat.

Harga ikan cakalang dipatok bervariasi mulai dari Rp45.000 hingga Rp120.000/ekor tergantung ukuran ikan.

"Sebaiknya ibu lihat-lihat dulu mungkin ketemu istri nelayan yang menjual ikan cakalang segar sebab biasanya mereka yang menjual langsung hasil tangkapan suami mereka," ujarnya.

Pewarta: Jhon Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020