Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) membangun arena sirkuit olahraga balap motor dalam upaya meningkatkan kreatifitas remaja dan wahana mengembangkan otomotif di daerah ini.

"Pembangunan arena sirkuit balap motor  guna meningkatkan prestasi atlit dan menghindari adanya pengendara yang ugal- ugalan di jalan raya," kata Bupati Halut, Frans Manery melalui siaran pers, diterima Antara, di Ternate, Minggu.

Bupati mengatakan, selaku pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada Kodim 1508/ Tobelo yang mendorong pembangunan sirkuit motor balap di daerah ini.
Pemkab Halut membangun arena sirkuit karianga motocross dalam upaya meningkatkan kreatifitas remaja dan wahana dalam pengembangan otomotif di daerah ini (Abdul Fatah)
 
"Apa saja yang harus dibenahi, tentunya Pemkab Halut  akan bersinergi dalam mendukung pengembangan prestasi melalui penyediaan sarana sirkuit ini dengan membenahinya , agar kedepan kita menyelenggarakan pertandingan," katanya.

Bahkan, pembangunan sirkuit ini dikerjakan dalam waktu  sebulan, di mana luas area yang digunakan kurang lebih dua hektare dengan panjang lintasan sekitar 1.200 meter yang berlokasi di Desa Wari,  Kecamatan Tobelo. 

"Walaupun di tengah pandemi COVID -19, semangat, kerja keras, serta motivasi dari Kodim 1508/Tobelo dan rekan-rekan pencinta motor trail lah yang menjadi kunci kesuksesan pembangunannya, kendati dilaksanakan secara swadaya," tandas Bupati.

Dia menyatakan, tujuan dari pembangunan sirkuit karianga ini tiada lain adalah sebagai wadah generasi muda untuk menyalurkan dan mengembangkan minat maupun bakat positif di bidang otomotif, khususnya motor trail, yang membutuhkan kombinasi antara otomotif dan olah raga serta ketangkasan penuh dengan petualangan.

"Kami mengapresiasi mantan Dandim 508/Tobelo, Letkol Inf Raymond Sitanggang, serta teman-teman panitia penyelenggara, para sponsor, serta seluruh unsur masyarakat yang  berpartisipasi merampungkan pembangunan sirkuit ini," kata Bupati.

Sedangkan, Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf.  Witharsana Eka Putra saat ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, Kodim 1508/Tobelo melaksanakan doa bersama dan pemberian santunan kepada anak Yatim Piatu dalam rangka peresmian sirkuit ini agar selalu diberikan keselamatan dalam penggunaannya..

"Sirkuit ini dibuat untuk mencari bakat pebalap motor dan ajang silaturrahim pencinta olahraga otomotif. Semoga ke depan bisa dimanfaatkan dengan baik," ujarnya 

Sementara Letkol Inf Raymond Sitanggang saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa inisiasi pembuatan sirkuit balap motor didasarkan tingginya minat masyarakat Kabupaten Halut terhadap olahraga balap motor dibuktikan banyaknya komunitas motor trail namun belum terkoordinir dengan baik.

Selain itu di daerah Halut mayoritas jalan tanah sehingga pembangunan sirkuit ini diharapkan bisa mengorbitkan para pebalap motor dari Kabupaten ini maupun Malut secara umum di arena nasional.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020