Kabag Ops Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKP Syahrul mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya semakin meningkat usai  pelaksanaan operasi Zebra 2020.

"Kami melakukan pemantauan selama beberapa hari ketika berakhir pelaksanaan operasi Zebra 2020 dan kesadaran masyarakat semakin meningkat dalam mematuhi peratura berlalu lintas," kata Syahrul di Ambon, Sabtu.

Menurut dia, dari pemantauan di lapangan tidak didapati pengendara yang melawan arus lalu lintas atau pun memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Selama operasi berlangsung, hanya ditemukan 70 pelanggaran lalu lintas dan kepada mereka diberikan teguran lisan, kemudian tidak ada yang diberikan sanksi tegas berupa tilang.

"Yang diutamakan adalah tindakan preventif, dan tujuan pelaksanaan operasi Zebra adalah menurunkan angka kecelakaan lalu lintas," ujar Syahrul.

Dalam operasi zebra 2020, polisi juga membagi-bagikan brosur tentang keamanan, keselamatan, ketertiban, serta kelancaran berlalu lintas di jalan raya.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 berupa penggunaan masker, tetap menjaga jarak, serta mencuci tangan dan terus berupaya menjadikan Kota Ambon sebagai zona oranye.

Suahrul  mngakui, yang masih berjalan saat ini adalah Operasi Aman Nusa Dua dan dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan operasi simpatik, operasi pekat (penyakit masyarakat) serta ppersiapan pelaksanaan operasi Lilin 2020 menjelang perayaan natal dan tahun baru.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020