Tim hukum pasangan calon wali kota Ternate, Maluku Utara (Malut), Muhammad Hasan Bay dan Mohammad Asghar Saleh (MHB-GAS) sudah mengumpulkan sejumlah bukti pelanggaran di tingkat kelurahan.

"Memang kita lihat dari pengamatan maupun yang disampaikan saksi-saksi, beberapa TPS pelaksanaannya tidak jujur dan adil," kata Tim Hukum MHB-GAS Muhammad Conoras di Ternate, Selasa.

Menurut dia, hasil identifikasi oleh timnya menemukan ada penggunaan hak pilih menggunakan KTP yang cukup besar terjadi di beberapa kelurahan, salah satunya di Kampung Makassar Timur.

"Bahkan, paling terbesar itu kampung Makassar Timur, itu penggunaan KTP kan di atas 2,5 persen. Dengan itu kita minta langkah selanjutnya nanti kita minta data Form C7 Daftar Hadir karena daftar itu membuktikan ada kecurangan atau tidak, ada permainan atau tidak," ujarnya.

Dia menjelaskan, selanjutnya akan dibawa ke KPU Kota Ternate semua keberatan yang disampaikan saksi MHB-GAS di tingkat PPK. 

"Nanti pada saat rekapitulasi di KPU apabila form keberatan kita itu juga tidak disikapi, baru kita hitung persentase perolehan suara kan, setelah kita hitung memang di bawa dua persen, jadi bisa dibawa ke MK," katanya.

Terkait rencana ke MK ini, kata dia, semua tergantung kepada pasangan calon dan bawa ke MK atau tidak itu kan bukan kemauan tim hukum kan tapi atas kemauan kandidat, jadi pasangan calon sudah disampaikan ke kita kalo persentase tersebut bisa dibawa ke MK.

Sekedar diketahui, pleno tingkat kecamatan sudah selesai dilaksanakan pada Senin ini. Dari pleno delapan kecamatan tersebut, MAJU menembus angka 19.942, TULUS 28.022, MHB-GAS 26.307, YAMIN-ADA 18.980. 

Sementara rapat pleno tingkat KPU Kota Ternate sendiri rencananya digelar di Hotel Sahid Bela, pada hari ini Selasa (15/12) dan telah menyelesaikan pleno enam PPK tersisa PPK Ternate Utara dan Ternate Tengah.

Sementara itu,Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate nomor urut 2 M Tauhid Soleman-Jasri Usman (TULUS) dipastikan memenangkan pertarungan Pemilihan Wali Kota Ternate periode 2020-2024. Optimisme kemenangan itu berdasarkan hasil penghitungan suara di delapan kecamatan Kota Ternate. 

“Alhamdulillah, hasil penghitungan suara di delapan kecamatan di Kota Ternate, paslon TULUS memperoleh suara tertinggi,” kata Ketua Tim Pemenang Paslon TULUS, Muhajirin Bailusy.

Ketua Partai Kebangkitan Bangsa Kota Ternate itu menyatakan, sesuai data internal paslon TULUS berdasarkan form C hasil yang dimiliki tidak berbeda jauh dengan hasil yang direkap di delapan kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan Suara (PPK).

Dari data internal itu, paslon MAJU memperoleh suara 20.097 (21,2%). Paslon nomor TULUS memperoleh 28.022 suara (29,5%). Paslon MHB-GAS memperoleh 26.297 suara (27,7%) dan paslon YAMIN-ADA memperoleh 18.927 suara (19,9%). 
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020