Puluhan pelaku usaha di Kota TIdore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) berpartisipasi dalam pelaksanaan festival Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan menampilkan produk unggulan dan inovatif.

Founder Syukurdofu Indonesia, Haris Muhiddin,  di Ternate, Senin, mengatakan, festival UKM proses penilaiannya seluruh tim dan panitia ke lokasi-lokasi usaha peserta dan memantau langsung proses pembuatan produk.
 
Jadi berbagai macam jenis usaha yang mereka tampilkan,  maka di tahap awal kami seleksi proposal dengan berpatokan di tiga kriteria penilian, yaitu, bisnis potensial, produksi lokal dan usaha-usaha yang bisa menjadi solusi masyarakat. 

"Setelah melalui tahapan perekrutan pelaku Usaha Mikro Kecil (UKM) di Kota Tikep, maka Syukur Dofu Indonesia mengumumkan 20 peserta yang siap bersaing di semifinal festival UKM Festival pada 2021," katanya. 

Sebelumnya, dalam tahap seleksi proposal itu terdapat 50 peserta yang bersedia mengikuti Festival UKM. Namun, yang lolos ke semifinal 20 peserta. Sedangkan, peserta yang belum lolos seleksi itu karena tidak siap dengan produksi, promosi produksi maupun produksi masih dalam bentuk ide. 

Menurut Muhiddin, dengan berbagai jenis produk yang mereka tampilkan nanti, itulah inovasi-inovasi peserta untuk lebih serius masuk sebagai kategori bisnis potensial. Artinya, mereka mampu bertahan agak lama berdasarkan bisnis yang dikelola. 

"Dengan kondisi pandemi COVID-19, salah satu kunci adalah memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin untuk menjual produksi," ujarnya.

Sehingga, daftar nama-nama peserta UKM itu, tentunya akan melakukan presentasi ke dewan juri diantaranyaKepala Dinas Disperindagkop Kota Tikep, dan  Kepala Pemasaran PT. Bank Maluku-Maluku Utara Cabang Soasio Tidore, sekaligus dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Selain dari 20 besar peserta UKM yang lolos itu, kata Muhiddin, akan disaring lagi ke 10 besar dalam babak final festival UKM 2021, kemudian akan diumumkan peserta yang keluar sebagai pemenang.
 
Peserta yang menjuarai festival juara akan diberikan modal usaha dan yang keluar sebagai juara favorit akan dipilih dari PT. Bank Maluku-Malut Cabang Soasio diberikan bantuan berupa barang.

Semi final festival UKM dilaksankan pada  7 Februari 2021 dan grand final 14 Februari 2021.
 
"Kami rencananya grand final, dibuat malam penghargaan bagi peserta festival UKM yang bertempat di Fisal Penginapan Kelurahan Gamtufkange," kata Haris.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021