Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri tiba di Polda Maluku Utara (Malut) dalam rangka penelitian kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri dalam bidang tugas operasional..

Ketua Tim Puslitbang Polri, Kombes Pol Yasirman,  di Ternate, Senin, mengatakan, kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri merupakan salah satu indikator penting dalam mengukur kualitas layanan kepolisian. 

Di mana, personel Polri yang profesional dan kepuasan masyarakat dalam memberikan pelayanan kepolisian merupakan pondasi kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri.

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri pada 2015 hingga 2018 sebesar 65,92 persen, 68,99 persen, 80,31 persen,  82,32 persen. Pada  2019 menurun menjadi 75,2 persen. Hal ini sedikit banyak terpengaruh dengan adanya pesta demokrasi pemilihan Presiden pada  2019.

"Menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri juga sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan Oleh Lingkaran Survey Indonesia (LSI))," kata Yasirman.. 

Sehingga, berdasarkan fakta tersebut, maka pada 2021 Puslitbang Polri sebagai pengemban fungsi Litbang dan garda utama di bidang Riset dan Kajian perlu melakukan penelitian secara tahun jamak terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri dengan harapan akan dapat dijadikan dasar bagi pimpinan Polri dalam mengambil kebijakan. 

dangkan, Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Adip Rojikan, menyaakan, Puslitbang Polri akan melakukan penelitian di Polda Malut pada  22 hingga 25 Februari 2021.

"Setelah diterima oleh Wakapolda Malut,  Tim Puslitbang Polri berangkat ke Polres Tidore Kepualuan untuk melakukan penelitian di sana, selanjutnya  di Polres Halmahera Barat, Polres Ternate dan Polres Halmahera Utara," ujarnya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021