Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) menyiapkan pelantikan empat kepala daerah  hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 yang akan digelar secara langsung di kantor Gubernur Malut di Sofifi pada 26 Februari 2021.

"Sesuai permintaan perwakilan empat daerah mendapat respon Kemendagri untuk melakukan pelantikan secara langsung di kantor Gubernur Malut," kata Plt Karo Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Pemprov Malut, Rahwan Suamba,  di Ternate, Rabu.

Sebelumnya, agenda pelantikan empat kepala daerah itu berlangsung secara virtual, tetapi berdasarkan rapat bersama perwakilan empat daerah itu, mereka keberatan pelantikan secara virtual, karena kondisi internet yang sangat terbatas.

Karena itu, Pemprov Malut telah menjadwalkan gladi bersih pada Kamis (25/2) untuk empat kepala daerah yang akan melakukan prosesi pelantikan.

Empat pasangan kepala daerah menang di Pilkada 2020 yang akan dilantik diantaranya Bupati terpilih Halmahera Barat, James Uang - Jufri Muhammad, Halmahera Timur,  Ubaid - Anjas, Pulau Taliabu,  Aliong Mu s- Ramli dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan yang juga petahana Capt Ali Hi Ibrahim - Muhammad Sinen.

Rahwan mengemukakan, keinginan untuk melakukan pelantikan secara langsung kepada empat pasangan kepala daerah itu, maka pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan undangan yang akan menghadirinya akan dibatasi guna menghindari peredaran COVID-19.

Sedangkan, Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Setda Provinsi Malut, Taufiqurrahman dihubungi sebelumnya menyatakan, pasangan Bupati dan Wali Kota  terpilih setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota rencananya akan dilantik pada 26 Februari 2021.

Empat pasangan Kepala daerah terpilih yang akan dilantik sesuai Surat Menteri Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah bernomor 131/966/OTDA tanggal 15 Februari 2021 perihal pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota sebelumnya dijadwalkan melalui media telecoference dan/atau video converence, tetapi kondisi internet yang kurang baik, maka pelantikannya akan berlangsung di kantor Gubernur Malut, di Sofifi.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021