PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menjamin pemasokan listrik jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.

Senior Manager Perencanaan PLN UIW MMU, Husein Sobri, di Ambon, Rabu,  mengatakan, daya mampu sistem kelistrikan di Maluku dan Maluku Utara secara total sebesar  326,94 MW dengan beban puncak mencapai 203,41 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 123,53 MW.

"Soal pemasokan kelistrikan kami memastikan cukup dan pelanggan tidak perlu khawatir. Seperti di Sistem Ambon, daya mampu saat ini mencapai 108,70 MW dengan beban puncak 59,64 MW, terdapat cadangan daya sebesar 49,06 MW," katanya saat apel Siaga pengamanan kelistrikan Ramadhan dan Idul Firi 1442 Hijriah.

PLN katanya, menyiagakan 2.313 personel guna pengamanan pemasokan kelistrikan di Maluku dan Maluku Utara.

"Seluruh personel tersebut kami siagakan pada 12 April hingga 21 Mei 2021 pada perayaan Idul Fitri 1442 H di seluruh unit tersebar se Maluku dan Maluku Utara", ujarnya.

Dikatakannya, di sisi pembangkitan, transmisi dan distribusi telah dilakukan pemeliharaan untuk kesiapan keandalan sistem kelistrikan menjelang Ramadhan dan perayaan Idul Fitri 1442 H.

PLN juga menyiagakan genset dan personil pada 24 titik lokasi tempat ibadah di Maluku dan Maluku Utara, dengan sebarannya yaitu sebanyak tiga unit di Ambon, tiga unit di Masohi, dua unit di Tual dan dua unit di Saumaki serta delapan unit di Ternate, empat unit di Sofifi dan dua unit di Tobelo..

Guna menopang sistem kelistrikan yang lebih handal, PLN menyiagakan 29 Unit Gardu Bergerak. serta "PowerBank" atau Uninterruptible Power Suply (UPS) berkapasitas 100 kVA sebanyak empat Unit dan 250 kVA sebanyak satu unit

"Kami juga menghimbau kepada seluruh pelanggan agar melapor melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center PLN 123 apabila mengalami gangguan kelistrikan di sekitarnya mengingat saat ini juga cuaca sedang kurang bersahabat", tandas Husein. 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021