Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) mengakui, akses jaringan internet bermasalah, sehingga sejumlah siswa SD Akelamo, Kecamatan Oba Tengah, harus melaksanakan ujian di pinggir pantai. 

Sekretaris Diskominfo Kota Tikep, Budi T. Mustafa dihubungi dari Ternate, Kamis, mengatakan, terkendala jaringan yang ada di Akelamo itu, dikarenakan sudah terpasang serat kabel optik. 

Selain itu, dari segi aturan, apabila kabel apotik sudah masuk, maka Diskominfo tidak bisa mengusulkan untuk pemasangan jaringan internet dan telah diusulkan dari bakti itu, jaringannya hanya diperuntukkan di kantor desa, sarana kesehatan, SMP dan SMA, maupun kantor Kecamatan.

Budi mengungkapkan, Diskominfo Kota Tikep pada 2021 mengusulkan 42 titik pemasangan jaringan internet, dengan syarat di wilayah tersebut belum ada kabel optik seperti dari Sofifi sampai di Pahaye, langsung belok masuk Weda Halmahera Tengah. 

Bahkan, anggaran semua direcofusing, makanya pada 2021 belum tahu titik mana yang harus di pasang jaringan internet. Kalau nanti, Akelamo tidak masuk dalam daftar pemasangan jaringan tersebut, dikarenakan sudah dilewati oleh serat kabel optik. 

Menurut Budi, pemasangan serat kabel Optik yang sudah terpasang sampai di Halmahera Tengah. Diskomindo sudah menyampaikan ke Telkom,kalau  bantuan yang diusul itu, di mana kabel serat optik belum masuk, seperti di Oba Tengah di Desa Brianjaya.

Dia mengakui,  pihaknya pada 2019 mendapat tiga titik dalam bantuan pemasangan jaringan internet, hanya saja tidak masuk, dengan alasan ada kabel optik dan ini sebenarnya bantuan dari pusat. 

"Itu pun kami paksakan mengusulkan  masuk di Akelamo, tetapi sama saja, tidak bisa. Persyaratannya, tidak bisa ada kabel optik seperti di Kalaodi, Jaay, dan Fobaharu..

Makanya, Diskominfo mengusulkan yang belum lewat kabel optik, yakni mulai dari kompleks Ake Sahu, Kecamatan Tidore Timur. 

"Kalau bantuan internet itu Kementerian Kominfo, hanya terpasang di kantor Camat dan Puskesmas Tosa, Puskesmas Lifofa dan Kantor Camat Lifofa, Kecamatan Oba Selatan, maupun SMP dan SMA Lifofa," kata Budi

Sementara ini, dari Kominfo Tikep pengusulan berada di wifi publik saja, mulai dari pelabuhan Rum, Rum Pasar, Gurabati, kantor Wali Kota, pantai Tugulufa dan pelabuhan Sofifi. 

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021