Agenda safari Ramadhan 1422 Hijriah Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengunjungi warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Juru Bicara satgas COVID-19 kota Ambon, Joy Reiner Adriaanzs, Senin,  mengatakan, agenda safari Ramadhan pada 2021 dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya.

"Jika tahun sebelumnya berkeliling ke berbagai masjid di desa, kelurahan dan negeri di kota Ambon selama bulan Ramadhan, pad 2021 dilakukan kunjungan dengan tidak menimbulkan kerumuman masyarakat," katanya.

Pihaknya kata Joy, berupaya tidak memusatkan kegiatan pada satu lokasi yang dapat menimbulkan kerumunan masyarakat.

Walaupun sebenarnya surat edaran Menteri Agama, telah mengizinkan pelaksanaan safari Ramadhan dengan pembatasan masyarakat sebanyak 50 persen, tetapi arahan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengacu bagaimana memberikan contoh bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

"kita berupaya sehingga Pemkot Ambon menjadi contoh bagi masyarakat. Jadi, kita tidak membuat kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam jumlah yang banyak, " ujarnya.

Momentum Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk berdialog dan bersilaturahim dengan masyarakat sekaligus mendengarkan aspirasi.

"Safari sebagai bentuk perjalanan jauh, tidak hanya bersifat material semata. Safari merupakan bentuk ekspedisi spiritual, yakni agar kita semakin dekat kepada masyarakat dan Allah SWT." tands Joy.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021