Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) melalui Bagian Kesra Kota Ternate menjadwalkan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah akan dipusatkan di lapangan Gelora Kieraha Ternate.

Kepala Bagian Kesra Pemkot Ternate, Mudjais Walanda di Ternate, Selasa, mengatakan selain penetapan lokasi, juga telah disepakati khatib dan imam pelaksanaan shalat id yang akan berlangsung di lapangan Gelora Kieraha..

"Insya Allah yang bertindak sebagai khatib adalah Ketua MUI Kota Ternate, Usman Muhammad. Sedangkan imamyakni Kabag Kesra Pemkot Ternate," ujarnya.

Hal ini berdasarkan hasil rapat antara Pemkot Ternate, Polres Ternate, Kodim 1501/Ternate, Panitia Hari Besar Islam (PHBI), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ternate.

Mudjais menyatakan, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, termasuk dihadiri Forkompimda Kota Ternate, para pejabat di lingkup Pemkot Ternate, serta warga Kota Ternate lainnya  akan melaksanakan shalat id di lapangan Gelora Kie Raha dengan  jadwalnya dimulai pukul 08.00 WIT.

Terkait penetapan 1 Syawal 1440 H, Mudjais mengaku masih menunggu keputusan pemerintah setelah melakukan sidang isbat.

"Bahkan, Wali Kota juga dijadwalkan ikut memantau hilal di gedung observasi hilal BMKG di Afe Taduma, Pulau Ternate. Jadi kita tunggu hasil sidang isbat dari Kementerian Agama ," ujarnya.

Sedangkan, Wakil Wali Kota Ternate, Jasri Usman, mengatakan ia bersama keluarga rencananya akan melaksanakan shalat id di Masjid Al-Fatah, Kelurahan Bastiong Karance, Kecamatan Ternate Selatan

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Ternate, Iptu Setiaji  menjelaskan, pihaknya menerjunkan personel terutama dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri di lapangan Gelora Kieraha Ternate maupun masjid Al-Munawwar ini mewajibkan jamaah yang masuk ke masjid harus menggunakan masker.

"Seluruh jamaah saat masuk ke masjid wajib menggunakan masker, sebagai bentuk mendukung imbauan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus COVID-19 di daerah ini," tandasnya..

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021