Minggu, 22 Oktober 2017

Disperindag Ambon Jamin Stok Kebutuhan Pokok Aman

id Disperindag, Ambon
Ambon, 18/5 (Antara Maluku) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon menjamin ketersediaan kebutuhan pokok aman menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Stok kebutuhan pokok di tingkat distributor, pedagang di pasar tradisional dan swalayan menjelang puasa dan lebaran aman dan mencukupi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Ambon, Pieter Leuwol, Kamis.

Menurut dia, pihak distributor telah menyiapkan stok kebutuhan pokok guna mengantisipasi permintaan konsumen yang meningkat jelang hari raya, sekaligus juga untuk menekan gejolak harga.

Permintaan kebutuhan pokok yang meningkat akan berpengaruh pada terjadinya kenaikan harga. Jika permintaan konsumen meningkat maka akan terjadi kenaikan harga oleh distributor maupun ditingkat pedagang.

"Ketersediaan kebutuhan pokok mencukupi dan tidak berkurang, karena ketersediaan barang ini rutin setiap tahun menjelang hari raya dibandingkan hari -hari biasanya," katanya.

Pieter mengakui, kebutuhan pokok kemungkinan akan mengalami kenaikan harga oleh para distributor. Hal ini tergantung pada permintaan konsumen yang diukur dari daya beli masyarakat.

Jika permintaan masyarakat meningkat jelang hari raya, dan stok barang tetap terjaga maka harga barang tidak mengalami kenaikan.

"Saat permintaan barang banyak harganya pasti naik, yang terpenting stok barang tersedia. Kita juga tidak dapat memastikan karena semua itu tergantung distributor, tetapi kita berupaya agar harga barang tetap stabil," tandasnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga intensif mengawasi stok kebutuhan pokok di tingkat distributor, pengusaha sayuran, daging dan ikan di kota Ambon.

"Kami sementara mendata ketersediaan stok pangan di pasar, kami berupaya agar stok tersedia diimbangi harga yang tidak mengalami kenaikan," katanya.

Pihaknya kata Pieter juga intensif melakukan koordinasi dengan Perhubungan Laut, PT.Pelindo Cabang Ambon, PT. Pelni dan perusahaan pelayaran agar memprioritaskan pemuatan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Begitu pula, koordinasi dijalin intensif dengan pelaku usaha (distributor,sub, distributor, agen,dan pengecer) dalam rangka pengamanan , kelancaran distribusi dan stabilitasi harga bahan kebutuhan pokok jelang hari raya.

"Stok kebutuhan pokok didatangkan dari luar Maluku, kita bersyukur karena sarana trasportasi menunjang proses angkutan barang dari pulau jawa maupun sulawesi ke Maluku khususnya kota Ambon," tandasnya. 

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga