Imigrasi Ambon Terbitkan 20 Paspor Per Hari

Imigrasi Ambon Terbitkan 20 Paspor Per Hari

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ambon, Mas Budi Priyatno (John Soplanit)

Ambon, 21/8 (Antara Maluku) - Kantor Imigrasi Kelas I Ambon setiap hari melayani permohonan masyarakat untuk membuat paspor mencapai 20 buah/hari.

"Memang permohonan masyarakat tidak merata ada yang 30 ada yang 20 bahkan hanya 15 paspor dalam satu hari, karena itu kita rata-ratakan saja bisa mencapai 20/hari proses pembuatan paspor," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ambon Mas Budi Priyatno di Ambon, Senin.

Dia mengatakan, permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Ambon kebanyakan oleh warga Ambon tetapi tidak menutupi masyarakat dari kabupaten lain juga yang datang untuk mengajukan permohonan pembuatan paspor.

Mas Budi mebcontohkan beberapa waktu lalu ada orang dari Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), yang datang ke Ambon untuk meminta buat paspornya, memang tidak ada masalah dimana saja di Indonesia semua Kantor Imigrasi siap melayani sebab memang kartu tanda penduduk (KTP) sudah bersifat nasional," ujarnya.

Pada hal, lanjutnya, bagi warga Saumlaki tinggal mengajukan permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi di Kota Tual yang ada Kabupaten Maluku Tenggara sesuai dengan wilayah kerja, tidak perlu datang ke Ambon.

"Namun yang bersangkutan berpikir lain lagi, sebaiknya permohonan pembuatan paspornya di Ambon saja mengingat transportasi kalau mempergunakan pesawat maka hanya satu kali penerbangan langsung ke Ambon tidak perlu lagi ke Kota Tual," ujarnya.

Yang jelas, lanjutnya, Kantor Imigrasi Kelas I Ambon siap melayani masyarakat Maluku yang ingin mengajukan permohonan untuk pembuatan paspor.

Dia menambahkan, sistim pembuatan paspor sekarang ini sudah cukup lancar, bahkan dalam satu hari yang bersangkutan sudah bisa memilikinya, paling lambat dua hari sudah bisa dapat.

Terkait biaya pembuatan paspor hingga kini belum ada perubahan yakni Rp355.000/buah, pembayarannya juga langsung ke salah satu Bank, jadi tidak ada pembayaran di Kantor Imigrasi.

"Jadi kalau yang bersangkutan melakukan pendataan dan foto di Kantor Imigrasi pada pagi hari dan dilanjutkan dengan pembayaran ke Bank dan mendapatkan tanda pelunasan pembayaran di siang hari kemudian kembali ke Imigrasi dan memasukkannya maka Imigrasi akan berproses hari itu juga bisa mendapatkan paspor," ujarnya.