Barca Tetap di Puncak Klasemen Liga Spanyol

Barca Tetap di Puncak Klasemen Liga Spanyol

Logo (Barca)

Barcelona, 29/10 (Antara/Reuters) - Lionel Messi mencetak gol ke-12nya di liga musim ini, namun Barcelona harus mengandalkan penyelamatan-penyelamatan luar biasa dari kiper Marc-Andre ter Stegen ketika mereka memaksimalkan keberuntungan mereka untuk menang 2-0 di markas Athletic Bilbao pada Sabtu, dan tetap unggul empat poin di pucuk klasemen Liga Spanyol.

Valencia mengukir rekor terhadap start mereka musim ini ketika mereka bekerja keras untuk menang 2-1 di markas tim papan bawah Alves untuk mencatatkan kemenangan keenamnya secara beruntun, sedangkan laju tidak konsisten Atletico Madrid berlanjut ketika mereka ditahan imbang 1-1 oleh tamunya Villarreal.

Tim Katalan itu memimpin klasemen dengan 28 poin, unggul empat poin atas Valencia dan delapan poin atas juara bertahan Real Madrid, yang akan melawat ke markas Girona pada Minggu. Atletico berada di peringkat keempat dengan 20 poin.

Barca selamat dari pembantaian awal dari klub bekas asuhan mantan pelatih mereka Ernesto Valverde dan pemain internasional Jerman Ter Stegen melakukan dua penyelamatan bagus untuk menggagalkan upaya penyerang veteran Aritz Aduriz.

Dengan situasi pertandingan masih tanpa gol, Messi menyia-nyiakan peluang bagus setelah meliuk-liuk melewati pertahanan Bilbao, melepaskan tembakan ke tiang dekat dengan gawang yang terbuka lebar, namun ia menebusnya untuk memecahkan kebuntuan pada menit ke-36.

Pada babak kedua penyerang Athletic Inigo Cordoba melepaskan tembakan ke atas mistar gawang dan peluang Aduriz dua kali digagalkan oleh Ter Stegen, sedangkan tandukan Raul Garcia membentur tiang gawang untuk kubu tuan rumah.

Gelandang Brazil Paulinho menambahi gol kedua untuk Barca menjelang pertandingan usai, menyambar bola yang ditepis dari tembakan Luis Suarez ke gawang yang kosong ketika Athletic kalah jumlah pemain dalam situasi serangan balik.

"Kami berjuang keras, khususnya pada babak kedua," kata gelandang Barca Sergio Busquets kepad para pewarta.

"Kami lebih baik pada babak pertama dan mereka mengambil lebih banyak risiko setelah turun minum maka mereka memiliki lebih banyak peluang, namun pada akhirnya kami harus meneruskan start spektakuler kami dan kami menang di lapangan yang sangat sulit."

Simone Zaza membuka gol untuk Valencia di kandang Alaves pada menit ke-34 untuk membuat pasukan Marcelino, yang merupakan gol kesembilannya musim ini dan ia telah mencetak gol untuk enam pertandingan secara beruntun.

Laju bagus

Laju bagus mereka sempat berada di bawah ancaman ketika bek veteran Alexis Ruano menanduk bola untuk menyamakan kedudukan bagi tuan rumah setelah turun minum.

Mantan pemain pinjaman Valencia Munir El Haddadi nyaris membawa Alaves unggul namun upayanya digagalkan kiper asal Brazil Neto, dan tim tamu merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-66 ketika penyerang Spanyol Rodrigo Moreno.

"Jika Anda berkata kepada saya ketika saya mengambil alih (tim) pada Mei bahwa kami akan berada di posisi ini, saya tidak akan mempercayainya," kata Marcelino kepada para pewarta.

"Kami tidak pernah membayangkan memiliki poin sebanyak ini dan tidak terkalahkan setelah sepuluh pertandingan, khususnya ketika kami melihat jadwal pertandingan. Kami berada di situasi yang tidak dapat kami prediksi namun kami layak berada di sini."

Di Madrid, penyerang Villarreal Carlos Bacca menanduk bola dari tendangan sudut untuk membatalkan gol pembukaan brilian dari Angel Correa, dan cemoohan bergema di seantero Stadion Wanda Metropolitano setelah hasil mengecewakan lain dari pasukan Diego Simeone, yang hanya memenangi satu laga dari tujuh pertandingan terakhirnya di semua kompetisi.

Atletico tampil dominan dan akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-61 ketika Correa mengendalikan operan dari Antoine Griezmann, dan melesakkan bola ke bagian dalam tiang dekat, namun 20 menit kemudian Bacca menaklukkan kiper Atletico Jan Oblak untuk menyamakan kedudukan.

"Ini merupakan penampilan terbaik kami dari beberapa pertandingan terakhir, poinnya tidak terlalu terasa namun saya tahu para pemain berkembang," kata Simeone.

"Jika kami terus bermain seperti ini kami akan semakin dekat dengan posisi di mana kami ingin berada."