Jayapura (ANTARA) - Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Kamal, Selasa malam mengatakan, aksi demo yang berlangsung di empat kota di Papua berjalan aman dan kondusif.

Secara keseluruhan situasi kamtibmas di Papua kondusif dan masyarakat beraktivitas secara normal termasuk di empat kota yang terjadi aksi demo damai.

Keempat kota yang digelar demo yakni Nabire, Serui, Merauke dan Biak, kata Kombes Kamal menjawab pertanyaan ANTARA di Jayapura.

Dikatakan, dari laporan yang diterima terungkap aksi demo damai yang dilakukan sebagai bentuk solidaritas masyarakat Papua atas kejadian di Surabaya dan Malang, mendapat pengawalan dari aparat gabungan TNI-Polri.

Aksi demo yang berlangsung damai itu para pendemo diterima bupati dan anggota Forkopimda serta DPRD di keempat kota.

Selama melakukan aksi demo, para pendemo melakukan orasi dan meminta kasus tersebut diproses secara hukum yang berlaku di NKRI serta meminta pemerintah menjamin keamanan mahasiswa yang saat ini sedang kuliah di luar Papua sehingga tidak terganggu aktivitas studi mereka.

Di era demokrasi seperti saat ini, aksi demo atau menyampaikan aspirasi di muka umum boleh dilakukan siapa saja tetapi tetap mengacu kepada undang-undang yang berlaku dengan tidak melakukan aksi anarkis yang dapat menganggu ketertiban umum, kata Kombes Kamal.

Ketika ditanya tentang kondisi kamtibmas secara keseluruhan Kombes Ahmad Kamal mengatakan, secara keseluruhan kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua aman dan kondusif.

AktiVitas masyarakat khususnya di Jayapura dan sekitarnya berlangsung aman normal, kata Kamal seraya berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan berita yang belum tentu benar atau hoaks.

“Mari kita cermati berita atau informasi yang beredar di media sosial dan jangan menjadi penyebar berita yang belum tentu benar atau hoaks,” harap Kombes Kamal.
Baca juga: Aktivitas masyarakat di Jayapura kembali normal setelah demo damai
Baca juga: Ketua FKUB Papua prihatin pemberitaan di televisi terkait demo
Baca juga: Massa tiba di Kantor Gubernur Papua Jayapura

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019