Rupiah kemungkinan masih akan menguat karena fundamental eksternal masih mendukung
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta Kamis diprediksi masih menguat didukung faktor eksternal.

Pada pukul 09.32 WIB, rupiah menguat 11 poin atau 0,07 persen menjadi Rp14.149 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp14.160 per dolar AS.

"Dalam transaksi hari ini rupiah kemungkinan masih akan menguat karena fundamental eksternal masih mendukung," kata Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Kamis.

Laporan meningkatnya sektor jasa China memberikan sentimen positif terhadap nilai tukar Rupiah pada Rabu (4/9/2019) lalu.

Pasar merespon positif hasil survei Indeks Manajer Pembelian (PMI) China pada Agustus yang tercatat sebesar 52,1 poin, tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Menurut Ibrahim, aktivitas bisnis yang masih mampu membukukan ekspansi di tengah eskalasi perang dagang dengan AS memberi harapan pada pelaku pasar bahwa perekonomian China dan pasokan global masih memiliki peluang untuk tumbuh.

Sementara itu, perekonomian domestik yang masih tumbuh relatif stabil ditengah gejolak global, juga menjadi katalis positif bagi nilai tukar.

Ibrahim memprediksi rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.145 per dolar AS hingga Rp14.200 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah Kamis pagi menguat 11 poin
Baca juga: Rupiah menguat didukung sentimen eksternal dan domestik yang positif

Baca juga: Dolar AS jatuh di tengah penguatan sterling dan data ekonomi lemah

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019