Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie pada 2016, kala dirinya berkesempatan berbincang dengan presiden ke-3 Republik Indonesia itu tentang sektor dirgantara di Istana Merdeka, Jakarta.

“Saya ingat bertemu beliau sekitar tiga tahun yang lalu di Istana pada Hari Kemerdekaan. Percakapan saya dengan dia menyenangkan, kami berbincang soal dunia dirgantara. Sektor itu juga merupakan kekuatan Kanada,” katanya saat dijumpai usai prosesi pemakaman almarhum Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis.

Dari percakapan tersebut, Dubes MacArthur mendapatkan kesan Habibie adalah orang yang sangat baik, bijaksana dan cerdas.

Baca juga: Dubes Kim kenang jasa Habibie pererat hubungan Indonesia-Korsel

“Tampak jelas bahwa dia memiliki visi untuk membawa Indonesia maju jauh ke depan, dan dia telah berhasil melakukan itu. Saya rasa keluarga beliau dan negara ini berduka dengan mengingat itu,” ujarnya.

Menurut Dubes Kanada, Habibie adalah sosok legendaris yang sangat penting dalam demokrasi Indonesia. MacArthur mengatakan Kanada sangat terkesan dengan evolusi yang dipelopori oleh Habibie pada akhir masa rezim Orde Baru.

Sosoknya yang begitu penting di Indonesia tercermin dalam prosesi pemakaman yang dihadiri oleh berbagai tokoh tanah air, termasuk presiden, para menteri dan juga gubernur.

“Saya sangat tersentuh dengan prosesi upacara yang berjalan hari ini,” ujar MacArthur.

Baca juga: Dubes Rusia: BJ Habibie tokoh yang sangat dikenal di Rusia

Presiden RI ke-3 BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto pada Rabu, pukul 18.05 WIB.

Pada prosesi pemakaman, selain Dubes Kanada, tampak pula sejumlah duta besar dari negara-negara sahabat yang hadir, antara lain Amerika Serikat, Belanda, Korea Selatan, dan Mozambik.

Baca juga: Wadubes Jerman sampaikan belasungkawa saat melayat BJ Habibie

Habibie Wafat - Presiden Jokowi jadi irup upacara pemakaman BJ Habibie

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019