Ombudsman selenggarakan lomba debat pelayanan publik tingkat pelajar

Ombudsman selenggarakan lomba debat pelayanan publik tingkat pelajar

Kepala Ombudsman perwakilan Sumbar Yefri Heriani (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat menyelenggarakan lomba debat pelayanan publik tingkat pelajar se Sumatera Barat pada tanggal 2-3 Oktober 2019 bertempat di aula Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Yefri Heriani di Padang, Selasa mengatakan tahun ini memang fokus pada pendidikan bagi kalangan pelajar, lomba ini juga sebagai cara untuk terus mendiseminasikan lembaga Ombudsman RI kepada pelajar.

Setelah melewati proses seleksi berupa pengiriman video debat,  panitia  meloloskan 24 sekolah, diluar dugaan ternyata adik-adik pelajar antusias, ujarnya

Ia menyampaikan ada 42 video yang masuk dari berbagai daerah termasuk Mentawai yang diseleksi menjadi 24 sekolah.

Materi yang mereka bahas juga beragam, pro kontra penerimaan peserta didik baru dengan sistem zonasi, pungli pendanaan pendidikan uang komite, layanan SIM, hingga pro kontra tentang penghapusan UN.

Ternyata pelajar telah mempelajari dengan baik isu-isu pelayanan publik yang selama ini menjadi sorotan Ombudsman, ujarnya.

Baca juga: Polresta Padang tanggapi temuan Ombudsman terkait layanan pengaduan

Baca juga: Ombudsman : layanan pengaduan empat instansi di Padang tak responsif

Baca juga: Ombudsman temukan indikasi pungutan liar di Lapas Perempuan Padang


Selain itu juga dibahas Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Sekolah yang berhasil lulus adalah SMA 2 Painan, SMA 10 Padang, SMK 3 Pariaman SMA 6 Padang, SMA 2 Pariaman, SMA 2 Sipora Mentawai, SMA 2 Lintau Buo, SMA 1 Lubuk Alung SMA 1 Lareh Sago Halaban, SMA 1 Koto Baru Dhamasraya, SMK 2 Padang.

Kemudian SMA 1 Payakumbuh, SMA 3 Painan, SMA 4 Padang, SMA 1 Padang, SMK 1 Lembah Gumanti, MAN 1 Padang, SMA 2 Padang, SMA 1 Linggo Sari Baganti, SMA 1 Pasaman, SMA 2 Sumbar, SMA 2 Payakumbuh, SMA 1 Lubuk Sikaping, dan SMA 1 Kecamatan Guguak.

Selanjutnya, sekolah yang berhasil lulus ke final, akan bertarung dalam lomba debat pada 10 Oktober 2019 yang akan diselenggarakan di salah satu TV Lokal di Padang.

Akan bertindak sebagai Juri Kepala Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Yefri Heriani, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Dosen Fakultas Syariah IAIN Batusangkar Roni Efendi.
Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019