Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi Golongan Karya di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zainudin Amali optimistis calon yang diusungnya, yakni Bambang Soesatyo (Bamsoet), akan terpilih menjadi ketua MPR lewat musyawarah mufakat.

“Kita punya optimisme bahwa calon kita Bambang Soesatyo akan didukung menjadi ketua MPR,” kata Amali ditemui jelang Rapat Gabungan Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis.

Amali menyampaikan, dukungan terhadap Bamsoet merata dari berbagai fraksi, terutama Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Saya kira kalau dukungan sudah hampir merata kita dapatkan.Memang PDIP dengan jumlah 128 sangat signifikan ya. Sehingga kami ucapkan terimakasih untuk yang mendukung,” ujar Amali.

Baca juga: Golkar sodorkan nama Bamsoet sebagai Ketua MPR

Menurut Amali, fraksi pendukung tersebut telah bertemu untuk berkomunikasi dan menyampaikan harapan-harapannya apabila Bamsoet terpilih sebagai Ketu MPR RI.

“Saat makan siang kemarin, saya sebagai ketua fraksi mengundang fraksi lain untuk berkomunikasi, menyampaikan dan mendengarkan apa yang diharapkan fraksi lain jika Bamsoet terpilih,” tukas Amali.

Dalam hal ini, Golkar berkomitmen untum mendukung pemerintah, yakni Presiden Joko Widodo dalam menjalankan tugasnya selama lima tahun mendatang.

“Sudah pasti, Partai Golkar adalah pendukung pemerintah. Bahkan sejak pemilihan presiden kami juga sudah menyatakan dukungan terhadap Presiden Jokowi," pungkasnya.

Baca juga: Suharso bertemu Surya Paloh bicarakan calon ketua MPR

Baca juga: Pakar usulkan pemilihan ketua MPR RI melalui musyawarah


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019