Jakarta (ANTARA) - Menko Polhukam Kabinet Kerja Jilid 1 Wiranto mendatangi Kemenko Polhukam untuk menyiapkan serah terima jabatan meski masih dalam perawatan dokter di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Hari ini, saya seperti biasa, ya, dari RS mesti keluar ke sini untuk mengatur kesiapan-kesiapan yang mungkin dibutuhkan seandainya besok ada serah terima," katanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan struktur dan susunan menteri pada kabinetnya pada periode kedua, Rabu (23/10) mendatang.

"Jadi, ngecek naskah serah terimanya bagaimana, kerjaan yang belum selesai, hambatannya seperti apa," katanya.

Baca juga: Wiranto bersama istri tinggalkan RSPAD

Wiranto mengatakan bahwa persiapan tersebut merupakan tanggung jawabnya sebagai Menko Polhukam sebelum diumumkan penggantinya oleh Presiden.

"Saya kira tanggung jawab saya seperti itu. Karena sebelum ada pelantikan besok, saya masih Menko Polhukam 'kan. Jadi, tanggung jawab, sekarang sudah selesai," katanya.

Setelah hampir tiga jam berada di Kemenko Polhukam, Wiranto mengakui harus kembali lagi ke RSPAD untuk menjalani terapi.

Sebelumnya, Wiranto bersama istri, Uga Wiranto terlihat meninggalkan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa sekitar pukul 11.25 WIB.

Wiranto tiba kembali di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, sekitar pukul 15.31 WIB menaiki Toyota Alphard dengan pengawalan ketat.

Wiranto yang juga Ketua Umum PP PBSI diserang oleh orang tidak dikenal saat melakukan kunjungan kerja di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10) siang.

Akibat penyerangan tersebut, Wiranto dikabarkan terkena dua tusukan di perut dan sempat dirawat di RSUD Berkah, Pandeglang, sebelum dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Baca juga: Kembali sambangi Kemenko Polhukam, Wiranto: Persiapan ganti kabinet

Sejak Kamis (10/10) lalu, Wiranto menjalani perawatan di RSPAD, dan sekarang ini kondisi kesehatannya dikabarkan makin membaik.

Selama menjalani perawatan, Wiranto sudah tiga kali "izin" meninggalkan RSPAD tempatnya dirawat, yakni Sabtu (19/10) untuk menghadiri perpisahan dengan jajaran pegawai Kemenko Polhukam. Namun, sore harinya kembali ke RSPAD.

Wiranto juga meninggalkan RSPAD, Minggu (20/10) siang. Namun, tidak diketahui tujuannya, sementara sore harinya kembali ke RSPAD.

Pada hari Senin (21/10), Wiranto meninggalkan RSPAD menuju ke Kantor Kemenko Polhukam untuk menyelesaikan urusan seiring dengan penggantian kabinet. Setelah itu, sore harinya kembali ke RSPAD.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019