IAIN jadi kampus pertama miliki galeri investasi syariah di Sulteng

IAIN jadi kampus pertama miliki galeri investasi syariah di Sulteng

Rektor IAIN Palu Saggaf S Pettalongi (kedua dari kanan) mendapat penjelasan dari pihak PT Pilips Sekuritas Indonesia mengengenai fungsi aplikasi galeri inverstasi BEI yang baru diluncurkan di perguruan tinggi tersebut, Rabu (23/10/2019). (ANTARA/Moh Ridwan)

Palu (ANTARA) - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu merupakan kampus pertama yang memiliki galeri investasi berbasis syariah di Sulawesi Tengah.

Kepala Devisi Pengembangan Pasar Dedy Priadi pada peluncuran galeri investasi BEI IAIN Palu, Rabu, mengatakan hadirnya wadah investasi itu dapat memudahkan mahasiswa perguruan tinggi Islam negeri itu mengembangkan serta mengimplementasikan teori-teori yang diterima saat proses perkukiahan di ruang kelas.

"Melalui galeri investasi, mahasiswa bisa belajar dan mengembangkan ilmu yang didapat dan mempermudah mahasiswa melihat peluang investasi secara nasional," ujar Dedy.

Dia menjelaskan, saat ini galeri investasi BEI di seluruh Indonesia sudah mencapai 440 galeri, termasuk di IAIN Palu. Di Ibu Kota Sulawesi Tengah saat ini telah berdiri tiga galeri diantaranya Universitas Tadulako, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan IAIN Palu.

Dia memaparkan, mahasiswa dan sivitas akademik maupun masyarakat umum sangat terbantu dengan kehadiran galeri investasi sebagai sarana untuk mempermudah akses informasi saham berkaitan dengan pertumbuhan perusahaan dan perekonomian nasional.

"Untuk menarik kegiatan pasar modal perlu dukungan semua pihak. Kampus menjadi salah satu alternatif untuk mensosialisasikan pasar modal dan investasi ke khalayak luas melalui galeri-galeri yang sudah ada saat ini, " ungkap Dedy.

Dalam galeri investasi sudah tersusun aplikasi lengkap yang mudah diakses mulai dari layanan rekomendasi saham syariah, index saham hingga laporan keuangan perusahaan dan manajemen komisaris perusahaan beserta aset.

Pada galeri tersebut juga, mahasiswa dan sivitas kampus dapat berkontribusi investasi serta menjadi pemilik saham untuk memulai karir sebagai seorang pebisnis tanpa menganggu aktivitas sehari-hari.

Sistem tersebut sebagai upaya memperkenalkan pasar modal sejak dini di kampus yang dikerjasamakan antara BEI dengan perguruan tinggi terkait yang mendapat dukungan dari PT Pilips sebagai perusahaan sekuritas.

"Kehadiran galeri investasi sesungguhnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi semua pihak mengenai perkembangan perekonomian baik secaran nasional maupun global, dengan begitu masyarakat lebih memahami situasi perkembangan pasar modal untuk mendukung perekonomian daerah, " ujarnya.

Pada peluncuran galeri investasi BEI, dihadiri pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tengah, PT Phillip Sekuritas Indonesia, jajaran sivitas akademika IAIN Palu beserta mahasiswa dan dilanjutkan dengan seminar pasar modal.

Baca juga: Vokasi UI dirikan Laboratorium Saham dan Galeri Investasi

Baca juga: BEI DIY hadirkan galeri investasi di pasar tradisional

Baca juga: BEI: penambahan galeri investasi meningkatkan jumlah investor

 
Pewarta : Muhammad Arshandi/Moh Ridwan
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019