Groningen perburuk rentetan kekalahan Vitesse

Groningen perburuk rentetan kekalahan Vitesse

Penyerang FC Groningen Joel Asoro merayakan golnya ke gawang Vitesse Arnhem dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion GelreDome, Arnhem, Belanda, Jumat (8/11/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@fcgroningen)

Jakarta (ANTARA) - FC Groningen memperburuk rentetan kekalahan Vitesse Arnhem menjadi tiga pertandingan beruntun saat memetik kemenangan 2-1 dalam lawatan ke Stadion GelreDome, Arnhem, Jumat setempat (Sabtu WIB), untuk laga pekan ke-13 Liga Belanda.

Pada saat bersamaan Groningen melanjutkan catatan positif mereka berupa empat kemenangan dalam lima laga terakhirnya, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Kemenangan Groningen diraih berkat dwigol yang dibukukan Joel Asoro sedangkan tuan rumah hanya bisa membalas lewat gol tunggal Bryan Linssen.

Hasil itu membuat Groningen melompat ke urutan keenam klasemen dengan koleksi 20 poin, hanya terpaut tiga poin dari Vitesse (23) yang tertahan di peringkat kelima.

Baca juga: Vitesse merangsek ke urutan ketiga kala Sparta jegal Twente

Tuan rumah sebetulnya tampil agresif saat memulai laga, namun tembakan Nouha Dicko, Riechedly Bazoer dan Armando Obispo masih bisa dihalau pertahanan Groningen.

Alih-alih melanjutkan dominasi mereka, gawang Vitesse justru kebobolan lebih dulu pada menit ke-13 oleh gol Asoro. Asoro berdiri di tempat yang tepat untuk menyambar bola muntah hasil tembakan Kaj Sierhuis yang tak diamankan sempurna oleh kiper Remko Pasveer.

Vitesse berusaha membalas dan menyamakan kedudukan namun dua peluang lewat Linssen masih bisa digagalkan oleh kiper Sergio Padt.

Groningen berhasil menggandakan keunggulannya lewat gol kedua Asoro pada menit ke-31 yang menyelesaikan bola umpan sundulan Sierhuis.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum dan upaya Vitesse membalas baru berbuah empat menit memasuki babak kedua lewat gol Linssen.

Pasveer melepaskan umpan jauh yang berhasil dikendalikan oleh Linssen sejenak sebelum ia merangsek ke sisi kiri kotak penalti dan menyarangkan bola ke sudut kanan bawah gawang.

Gol itu menimbulkan semangat para pemain Vitesse untuk bangkit, sayangnya tak kurang dari lima tembakan tepat sasaran mereka berhasil dimentahkan oleh Padt dan skor 2-1 untuk Groningen bertahan hingga laga usai.

Baca juga: Groningen perburuk catatan nirkemenangan RKC Waalwijk

Baca juga: Jadwal Liga Belanda: Misi Ajax pertegas jarak keunggulan


Susunan pemain:

Vitesse Arnhem (4-4-2): Remko Pasveer; Julian Lelieveld (Oussama Darfalou), Danilho Doekhi, Armando Obispo, Max Clark; Eli Dasa, Riechedly Bazoer, Matus Bero, Bryan Linssen; Nouha Dicko, Jay-Roy Grot (Tim Matavz)
Pelatih: Leonid Slutsky

FC Groningen (4-4-2): Sergio Padt; Deyovaisio Zeefuik, Mike te Wierik, Ko Itakura, Django Warmerdam; Ajdin Hrustic (Charlison Benschop), Azor Matusiwa, Ahmed El Messaoudi, Mohamed El Hankouri; Kaj Sierhuis (Samir Memisevic), Joel Asoro (Sam Schreck)
Pelatih: Danny Buijs
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019