Feyenoord bangkit dari ketinggalan dua gol demi tundukkan RKC Waalwijk

Feyenoord bangkit dari ketinggalan dua gol demi tundukkan RKC Waalwijk

Penyerang sayap Feyenoord Sam Larsson (kanan) berusaha melepaskan tembakan ke gawang RKC Waalwijk dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Minggu (10/11/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@Feyenoord)

Jakarta (ANTARA) - Feyenoord bangkit dari ketertinggalan dua gol demi menundukkan tamunya RKC Waalwijk 3-2 dalam laga pekan ke-13 Liga Belanda di Stadion De Kuip, Rotterdam, Minggu setempat (Senin WIB).

Tuan rumah sempat dikejutkan oleh tamunya yang memperoleh keunggulan dua gol setelah 19 menit laga berjalan lewat gol Darren Maatsen dan Sylla Sow.

Namun, perlahan tapi pasti Feyenoord mengejar ketertinggalan melalui Nicolai Jorgenssen dan Sam Larsson hingga akhirnya Marcos Senesi memastikan kemenangan tim besutan Dick Advocaat itu 3-2, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Hasil itu menjaga awal sempurna tenor kepelatihan Advocaat di Feyenoord, namun mereka masih tertahan di urutan ke-10 dengan koleksi 20 poin, sedangkan RKC (4) terpatri di dasar klasemen.

Baca juga: Dick Advocaat siap tangani Feyenoord

Tampil di kandang lawan, RKC justru bermain agresif mengawali laga hingga bisa membuka keunggulan pada menit ke-14 kala umpan Stijn Spierings berhasil diselesaikan dengan baik oleh Maatsen di muka gawang.

Lima menit berselang, tim promosi itu menggandakan keunggulan mereka lewat tembakan sudut sempit Sow memanfaatkan umpan dari Clint Leemans.

Tertinggal dua gol tak membuat Feyenoord patah arang dan mereka lebih dulu mencetak balasan pada menit ke-25 saat umpan terobosan Luis Sinisterra berhasil dikejar dan diselesaikan oleh Jorgensen demi mengubah kedudukan menjadi 1-2.

Lima menit jelang turun minum, Larsson mengeksekusi tendangan bebas dengan sempurna untuk menyarangkan bola ke sudut kanan bawah tak terjangkau kiper Etienne Vaessen. Kedudukan berubah imbang 2-2 yang bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Feyenoord mengambil alih momentum dan kendali permainan namun peluang Steven Berghuis membalikkan keadaan masih gagal, lantaran bola sundulannya masih membentur tiang gawang pada menit ke-59.

Kerja keras Feyenoord tak mengendur hingga akhirnya pada menit ke-85 lewat situasi tendangan bebas yang dikirimkan Berghuis bola ditanduk Senesi dari jarak dekat untuk menuntaskan kebangkitan tuan rumah.

Sesaat berselang, RKC harus kehilangan Spierings dari dalam lapangan karena menerima kartu merah langsung akibat pelanggaran buruknya yang praktis memudahkan tugas Feyenoord menjaga keunggulan.

Pada menit ketiga injury time, Berghuis hampir menambah keunggulan Feyenoord hanya saja tembakannya kali ini ditolak oleh mistar gawang.

Baca juga: PSV tersungkur di markas Willem

Baca juga: Ajax hantam Utrecht empat gol tanpa balas


Susunan pemain:

Feyenoord (4-3-3): Kenneth Vermeer; Lutsharel Geertruida, Marcos Senesi, Jan-Arie van der Heijden (Renato Tapia), Ridgeciano Haps; Jens Toornstra, Orkun Kokcu, Leroy Fer; Steven Berghuis, Nicolai Jorgensen, Luis Sinistera (Sam Larsson)
Pelatih: Dick Advocaat

RKC Waalwijk (4-3-3): Etienne Vaessen; Jurien Caari, Hans Mulder (Ingo van Weert), Hannes Delcroix, Said Bakari; Daan Rienstra, Stijn Spierings, Clint Leemans; Darren Maatsen (Anas Tahiri), Dylan Vente (Kevin Vermeulen), Sylla Sow
Pelatih: Fred Grim

Baca juga: Heracles dekati empat besar, Fortuna Sittard tinggalkan zona degradasi

Baca juga: Groningen perburuk rentetan kekalahan Vitesse
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019