Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Serbia ditahan imbang tamunya Ukraina 2-2 dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup B di Stadion Rajko Mitic, Belgrade, Minggu, sehingga mereka terpaksa harus melewati jalur playoff jika ingin tampil di putaran final.

Terlebih lagi, dalam laga lain pesaing mereka sekaligus juara UEFA Nations League, Portugal, berhasil memetik kemenangan 2-0 dalam lawatan ke Luxembourg, sehingga satu tiket dari Grup B direngkuh Seleccao das Quinas.

Serbia berakhir sebagai peringkat ketiga klasemen akhir Grup B dengan raihan 14 poin di bawah Ukraina (20) dan Portugal, demikian catatan laman resmi UEFA.

Serbia berhak memperoleh salah satu tiket fase playoff yang ditentukan berdasar hasil UEFA Nations League 2018-19, di mana mereka berakhir sebagai pemuncak Liga C Grup 4.

Baca juga: Portugal pastikan tiket ke putaran final Piala Eropa 2020

Menjamu Ukraina, Serbia sempat unggul 2-1 bahkan hingga waktu normal 90 menit berlalu. Namun gol Artem Besedin pada menit ketiga injury time membuyarkan keunggulan Serbia.

Serbia yang dihadapkan pada misi wajib menang memperoleh keuntungan ketika bek Ukraina Mykola Matvyenko terlihat menyentuh bola dengan tangannya di dalam area terlarang.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Dusan Tadic yang sukses menjadi algojo dan membuka keunggulan Serbia pada menit kesembialn.

Ukraina yang telah dipastikan lolos ke putaran final, bermain lebih santai dan tak terburu-buru melakukan serangan. Mereka memaksimalkan serangan balik sambil menunggu para pemain tuan rumah melakukan kesalahan.

Roman Yaremchuk membuat kedudukan kembali imbang 1-1 lewat sundulan memaksimalkan umpan silang Viktor Tsygankov. Gol Yaremchuk itu membuat anak-anak asuh Ljubiša Tumbaković semakin mengintesifkan serangan namun hingga turun minum skor imbang 1-1.

Serbia kembali unggul 2-1 di menit 55. Aleksandar Mitrovic yang menerima umpan Tadic melepaskan tendangan di sisi kiri yang tak mampu dihalau kiper Ukraina. Anak-anak asuh Andriy Shevchenko yang sudah tampil tanpa beban lebih banyak bermain menunggu. Dua kesempatan sempat tercipta lewat tendangan sudut namun belum bisa berbuah gol.

Saat pertandingan akan berakhir, Besedin membuat kedudukan menjadi imbang 2-2 lewat gol sepakan kaki kanannya memaksimalkan asis Andriy Yarmolenko. Gol itu sekaligus menyudahi pertandingan terakhir Grup B.

Baca juga: Polandia dan Austria lolos ke putaran final wakili Grup G

Baca juga: Jerman cukur Belarusia demi lolos dan puncaki Grup C


Susunan pemain:

Serbia (4-2-3-1): Predag Rajkovic; Nikola Milenkovic, Nikola Maksimovic, Alexandar Kolarov, Milan Rodic; Nemanja Gudelj, Nemanja Maksimovic (Luka Milivojevic), Nemanja Radonjic, Dusan Tadic, Adem Ljajic Mijat (Gaćinović); Alexsandar Mitrovic.
Pelatih: Ljubiša Tumbaković

Ukraina (4-1-4-1): Andriy Pyatov; Olexandr Karavaev, Sergiy Krivtsov, Mikola Matviyenko, Vitalii Mykolenko; Serhiy Sydorchuk, Victor Tsygankov (Artem Besedin), Victor Kovalenko (Volodymyr Shepelev), Ruslan Malinovskiy, Roman Yaremchuk; Andriy Yarmolenko.
Pelatih: Andriy Shevchenko

Baca juga: Belanda lolos walau diimbangi Irlandia Utara

Baca juga: Kroasia pastikan tiket putaran final usai tundukkan Slowakia

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019