Meulaboh (ANTARA) - Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengajak seluruh umat Islam di Aceh agar bersatu dan tidak terpengaruh dengan upaya adu domba karena perbedaan mazhab (pendapat ulama) dalam memahami persoalan keagamaan.

"Jangan kita mebid'ahkan sesama umat Islam karena hanya perbedaan mazhab dan pendapat dalam memahami persoalan agama, karena hal tersebut akan memecah belah umat Islam," kata Ramli MS di Meulaboh, Minggu.

Ia mencontohkan, negara Arab seperti Yaman, Syiria, Irak dan Libya telah hancur dan porak-poranda karena terjadi perang saudara.

Hal tersebut disebabkan sesama umat Islam di negara jazirah Arab tersebut tidak bersatu.

Agar persoalan ini tidak terjadi di Indonesia khususnya Aceh, maka pemerintah daerah kini telah membentuk Forum Majelis Taklim di setiap Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, agar menjadi benteng umat Islam dalam mengantisipasi upaya perpecahan di masyarakat.

Ramli MS berharap, dengan dibentuknya majelis taklim di daerah itu, dapat menjadi pemersatu umat di tengah majemuknya masyarakat Aceh Barat.

Bahkan dengan adanya forum keagamaan tersebut diharapkan dapat membentuk masyarakat Aceh Barat yang syar'i, serta memiliki rasa cinta Tanah Air yang tinggi.

"Untuk itu, saya meminta kepada tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Aceh Barat, agar dapat menyatukan umat untuk tidak terpecah belah, sehingga ukuwah Islamiah dan persatuan umat di Aceh Barat dan Negara Indonesia dapat semakin kuat," tuturnya.

Baca juga: Pemerintah Aceh salurkan bantuan ke Pesantren Darussalam yang terbakar

Baca juga: Angka pencatatan nikah KUA di Aceh meningkat

Baca juga: Hadiah umrah disiapkan bagi guru berprestasi-inovatif di Aceh Barat

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019