Jambi (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra dan Burhanuddin Mahir dan beberapa anggota menerima kunjungan Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura, DR Mohamad Maliki Osman di ruang kerja Ketua DPRD Provinsi Jambi, Selasa.

Dalam pertemuan tertutup itu Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra, mengatakan bahwa DPRD Provinsi Jambi banyak mempromosikan potensi Jambi di hadapan Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura, Maliki Osman.

"Kita berbincang banyak dengan DR Mohamad Maliki Osman bersama pak gubernur Jambi juga dan kita coba jajaki kerja sama salah satunya dibidang pertanian dan pariwisata dimana bidang pertanian kita cukup baik, perkebunan juga dan hal ini yang bisa kita dorong bisa bekerja sama langsung dengan Singapura," kata Rocky.

Ia mengatakan selama ini hasil pertanian dari Provinsi Jambi untuk masuk Singapura melalui Batam dan dari Batam baru menuju ke Singapura. Sebab itu dewan mendorong agar pertanian dari Jambi bisa langsung masuk ke Singapura tanpa melalui Batam lagi.
Baca juga: Pemkot Jambi kirim 25 ASN pendidikan ke Singapura

"Tentunya dengan memenuhi unsur-unsur yang diminta Singapura. Misalnya sayurnya harus segar, kualifikasinya harus yang tebaik, karena kita paham betul dari segi bisnis Singapura adalah tempat yang sangat menjanjikan untuk mendukung bisnis, baik pertanian, perkebunan juga pariwisata," katanya menjelaskan.

DPRD lanjutnya, juga mendorong bagaimana wisatawan dari Singapura bisa masuk ke Provinsi Jambi. Apalagi Singapura merupakan negara ke-tiga terbesar turisnya masuk Indonesia.

Selama ini turis Singapura ke Indonesia tapi tidak masuk Jambi. Jambi akan berusaha bagaimana mendorong turis Singapura bisa ke Jambi. Tentunya kita perlu perbaiki fasilitas-fasiltasnya semua, perbaiki juga penerbangan kalau bisa ada penerbangan langsung Singapura-Jambi dan sebaliknya.

Pemerintah Provinsi Jambi juga mengundang Singapura untuk berinvestasi, kedepannya akan pertemuan lanjutan pengusaha-pengusaha dari Jambi mengunjungi Singapuran atau sebaliknya untuk meningkatkan investasi Singapura di Jambi yang nantinya berdampak langsung pada peningkatan perekonomian masyarakat Provinsi Jambi.
Baca juga: Singapura Pantau Asap di Jambi
Baca juga: Rumah Sakit Singapura Promosi Pelayanan ke Jambi


"Pertemuan ini baru penjajakan, sebagai komunikasi awal dan bagian dari silaturahmi, nanti akan kita lanjutkan," kata Rocky.

Sementara itu, Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura, DR Mohamad Maliki Osman mengatakan kunjungan ke Jambi adalah kunjungan ke-duanya dalam upaya mempererat hubungan Singapura-Indonesia dan provinsi-provinsi di Indonesia.

"Singapura dan Indonesia banyak bekerja sama, saya ke Jambi menyemarakkan kembali hubungan antara Singapura dengan provinsi-provinsi di Indonesia dan hari ini Jambi. Saya melihat bagaimana DPRD suatu lembaga yang bisa mendorong para pengusaha dari Jambi dan Singapura untuk bekerja sama. Jadi saya ingin melihat itu," kata DR Mohamad Maliki.

Kerja sama yang dilakukan salah satunya kata DR Mohamad Maliki adalah di bidang pertanian, bagaimana upaya mendorong daya penghasilan ekonomi dan dengan bekerja sama dengan DPR kita bisa dipermudahkan dan hubungan ekonomi Singapura dan Jambi dapat ditingkatkan.

Selain itu, disektor pariwisata, DR Mohamad berharap ke depan banyak turis Singapura ramai datang ke Jambi sebagai upaya meningkatkan industri wisata di Jambi, katanya menambahkan.
Baca juga: Pemko Jambi Bangun Pasar Angso Duo Mencontoh Singapura
 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020