Jakarta (ANTARA) - PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) bersama Alkhairaat mengembangkan sekolah lanjutan tingkat atas kejuruan untuk menunjang kegiatan pertambangan dan energi sumber daya mineral di Sulawesi Tengah.

"SLTA kejuruan ini lebih pada mesin pengolahan energi sumber daya mineral," ucap Ketua Umum Pengurus Besar Alkhairaat Habib Ali Bin Muhammad Aljufri, di Jakarta, Senin.

PT.IMIPIMIP merupakan perusahaan pengelola kawasan pertambangan energi sumber daya mineral terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, dan kantor pusatnya berada di Jakarta.

Sementara Alkhairaat merupakan pusat pendidikan Islam terbesar di kawasan timur Indonesia yang pusatnya berada di Palu.

Sebagai pendidikan Islam, Habib Ali menyebut SLTA kejuruan tersebut juga akan ada materi atau pendidikan Agama Islam.

"Pendidikan agama akan tetap ada di SLTA kejuruan itu," sebut Habib Ali.

Habib Ali dan Presiden Komisaris PT IMIP Halim Mina didampingi Dedi Mulyadi dan Erfindo Chandra telah membahas mengenai SLTA kejuruan di Kantor Pusat IMIP Wisma Mulia, di Jakarta, Senin.

Kunjungan Habib Ali ke Kantor Pusat IMIP di Jakarta didampingi oleh Sofyan Bachmid. Mengenai SLTA kejuruan, Habib Ali menjelaskan Alkhairaat akan berperan dalam kurikulum pendidikan termasuk menyediakan kepala sekolah.

Namun untuk guru, akan disediakan oleh PT IMIP dan wakil kepala sekolah. Bahkan, seluruh fasilitas dan sarana prasarana dan operasional SLTA itu disediakan oleh IMIP.

"Rencananya tenaga pengajar mengenai pengembangan kejuruan, IMIP akan hadirnya guru dari Jogja," ujarnya.

Langkah awal penerapan kurikulum akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2020 ini. Hal itu karena, SLTA kejuruan itu merupakan SMK yang telah ada di Alkhairaat.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020