Air Kali Ciliwung mulai naik hampir rata dengan 'sheet pile', satgas standby di lokasi
Jakarta (ANTARA) - Kenaikan muka air Kali Ciliwung akibat hujan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat terpantau di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan, Kamis.

Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, Junjung mengatakan kondisi terkini di pinggir Kali Ciliwung RT 8 RW 1 Kelurahan Pengadegan saat dipantau pukul 08.15 WIB dengan kondisi cuaca gerimis.

"Air Kali Ciliwung mulai naik hampir rata dengan 'sheet pile', satgas standby di lokasi," kata Junjung.

Menurut Junjung, kenaikan muka air Kali Ciliwung telah termonitor sejak pukul 07.00 WIB. Kenaikan ini seiring dengan meningkatnya status muka air di Bendung Katulampa, Kota Bogor yakni siaga tiga banjir.

Baca juga: Katulampa Siaga III, BPBD Jakarta siarkan peringatan dini

"Air sudah sampai turap sekarang," kata Junjung.

Kenaikan muka air di pintu air Bendung Katulampa, Kota Bogor diinformasikan pukul 08.00 WIB dengan ketinggian dari 40 cm menjadi 90 cm atau siaga tiga banjir.

Informasi ini ditindaklanjuti oleh aparat di wilayah untuk bersiaga mengantisipasi air kiriman dari Puncak Bogor. Selain itu, kawasan Jakarta juga sempat diguyur hujan sejak Kamis pagi.

Kasudin SDA Jakarta Selatan Mustajab mengatakan pihaknya telah mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran Ciliwung untuk mewaspadai luapan Kali Ciliwung.

Baca juga: BPBD DKI siarkan peringatan dini, Pos Pantau Pesanggrahan siaga tiga

Adapun wilayah di Jakarta Selatan yang potensial dilalui air kiriman ini, yakni Srengseng Sawah, Rawajati, Pengadegan, Cikoko, Pejaten Timur, Kebon Baru dan Bukit Duri.

"Kami sudah menyampaikan kepada warga melalui sambungan 'HT' maupun sosial media," katanya.

Informasi kenaikan muka air di Bendung Katulampa juga direspon oleh Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali yang meninjau langsung kondisi pemukiman warga di Pejaten Timur, Rawajati.

"Ini lagi meluncur bersama pak Wali," kata Mustajab.

Upaya antisipasi air kiriman dari Katulampa Bogor juga dilakukan aparat di wilayah Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Camat Tebet, Dyan Airlangga menyebutkan tidak ada laporan genangan yang terjadi di wilayahnya.

Baca juga: BPBD DKI juga sebut Pos Pantau Depok berstatus siaga dua

Menurut dia, ada tiga kelurahan di Kecamatan Tebet yang dilalui kiriman air Kali Ciliwung yakni Manggarai, Bukit Duri dan Kebon Baru.

"Belum ada laporan genangan, Manggarai juga normal di bawah 700 cm," kata Dyan.

Selain memantau situasi di lapangan, Kecamatan Tebet juga mengerahkan 50 personel untuk mengantisipasi genangan terdiri atas petugas PPSU, Damkar dan Satpol PP.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020