Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono menjadi salah satu tokoh inspiratif Jawa Tengah setelah masuk dalam buku "100 Tokoh Inspirasi Jawa Tengah".

Penulis buku tersebut, Bambang Sadono mengatakan menulis buku "100 Tokoh Inspirasi Jawa Tengah" berusaha menggali sisi-sisi keuletan dan kegigihan perjuangan para tokoh.

"Kami membutuhkan teladan atau contoh, persoalannya siapa yang harus menjadi contoh, dan siapakah yang sadar untuk memberikan contoh," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Sekjen MPR: generasi muda harus paham konstitusi

Menurut dia, Indonesia memang punya tokoh hebat seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan Soeharto, mereka punya karakter di atas rata-rata karena lingkungan menggembleng mereka untuk menjadi orang hebat.

Dalam buku itu secara khusus Bambang menulis tentang profil Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono dan menyebutnya sebagai "pejabat pemikir".

"Ma’ruf dikenal sebagai pejabat pemikir karena sebelum menjadi Sekretaris Jenderal MPR RI, dia pernah menjadi Kepala Biro Humas dan lama menjabat sebagai Kepala Pusat Pengkajian MPR," katanya.

Baca juga: Sekjen MPR sebut kognisi Pancasila generasi muda jangan terputus

Menurut dia, Ma'ruf dianugerahi tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya oleh Presiden pada tahun 2017 karena telah banyak memberikan kontribusi untuk mendukung kinerja MPR.

Salah satunya, kata dia, adalah gagasan pembentukan Lembaga Pengkajian MPR sebagai laboratorium konstitusi yang bertugas memberikan pertimbangan terkait pengkajian sistem ketatanegaraan dan juga aktif mendorong penataan sistem ketatanegaraan Indonesia.

Ma’ruf Cahyono dalam peluncuran buku "100 Tokoh Inspirasi Jawa Tengah" menyatakan bahwa buku tersebut menjadi inspirasi bagi siapapun.

"Buku ini memiliki nilai strategis dalam rangka mengawal nilai-nilai Pancasila serta merawat ke-Indonesia-an kita. Ini menjadi penyemangat untuk membangun persatuan," ujarnya.

Baca juga: Ma'ruf Cahyono sebutkan konstitusi terkait erat dengan anti korupsi

Menurut dia, dari 100 Tokoh Inspirasi Jawa Tengah, orang bisa melihat testimoni sukses dari masing-masing tokoh yang memiliki prinsip hidup.

Selain itu, kata dia, juga memiliki hubungan sangat kuat dengan nilai-nilai ideologi Pancasila karena tokoh adalah pemimpin yang memiliki prinsip-prinsip kepemimpinan, sesuai makna yang terkandung dalam Empat Pilar MPR.

Dalam buku tersebut beberapa tokoh masuk dalam daftar "100 Tokoh Inspiratif Jawa Tengah", di antaranya Presiden Jokowi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, pengusaha Michael Bambang Hartono, ulama KH. Mustofa Bisri, dalang Ki Manteb Sudarsono, dan para bupati/wali kota.

Baca juga: Sekjen MPR sebut desain ketatanegaraan harus sesuai dengan ideologi Pancasila

Berdasarkan data, pada September 2019, Sekretariat Jenderal MPR meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan selama lima tahun berturut-turut (2014-2018). Setjen MPR juga mendapat BMN Award, yaitu penghargaan dalam pengelolaan Barang Milik Negara (BMN).

Sekretariat Jenderal MPR juga mendapat apresiasi dari BPKP karena telah mencapai maturitas level 3 dalam Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) pada Februari 2020.

Ma'ruf Cahyono juga menjadi salah satu figur dari 73 tokoh berprestasi yang diberikan Obsession Media Group (tahun 2018), dan pada tahun 2019, Obsession Media Group menganugerahkan The Best Bureaucrat Awards.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020