Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig melangkah mulus ke babak perempat final Liga Champions setelah melumat Tottenham Hotspur 3-0 dalam leg kedua putaran 16 besar di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Hasil itu membuat Leipzig membukukan kemenangan agregat 4-0 atas Tottenham, setelah tiga pekan lalu mereka mempecundangi lawannya tersebut di London, demikian catatan laman resmi Liga Champions.

Baca juga: Penalti Werner antar Leipzig curi kemenangan leg pertama di Tottenham

Lini pertahanan Tottenham tampil mengecewakan hampir sepanjang laga dan dua antisipasi tak optimal kiper sekaligus kapten Hugo Lloris harus dibayar mahal.

Pada menit ke-10, Marcel Sabitzer melepaskan tembakan mendatar dan cukup keras tetapi Lloris memutuskan untuk melakukan tepisan ketimbang menangkan bola sepenuhnya. Tepisan Lloris tak cukup kuat dan bola masih bergulir ke pojok kiri bawah gawang, membuat Leipzig unggul.

Pada menit ke-19, gawang Lloris kebobolan lagi oleh sontekan jarak dekat Timo Werner, tetapi penyerang yang tengah santer digosipkan bakal bergabung dengan Liverpool itu terlanjur terjebak offside saat Angelino melepaskan umpan silang.

Akan tetapi, Lloris kembali melakukan antisipasi buruk saat Sabitzer menyambut umpan silang Angelino dengan tandukan pada menit ke-21. Bola ditepis Lloris, tetapi kemudian membentur tiang dan memantul ke dalam gawang Tottenham.

Lloris tampil sedikit membaik dan beberapa kali menebus keburukan koordinasi pertahanan Tottenham, tetapi rekan-rekannya di lini depan juga tak bekerja lebih baik kecuali Giovani Lo Celso yang hampir mencetak gol balasan pada menit ke-42 jika tidak karena penyelamatan gemilang kiper Peter Gulacsi.

Baca juga: Timo Werner di persimpangan jalan

Keunggulan dua gol Leipzig bertahan cukup lama di tengah minimnya ancaman yang datang dari Tottenham pada babak kedua sebelum kemudian Emil Forsberg melengkapi kemenangan tuan rumah menjadi 3-0 lewat golnya pada menit ke-87.

Forsberg yang baru masuk ke dalam lapangan menggantikan Sabitzer mencetak gol dengan sentuhan pertamanya, melepaskan tembakan yang mampu melewati hadangan Harry Winks, Ryan Sessegnon dan tentunya Lloris.

Satu-satunya keberhasilan Lloris adalah mencegah Werner mengemas gol kandang Liga Champions perdananya dengan menghalau peluang pada menit keenam injury time, tetapi Tottenham tetap tersingkir sedangkan Leipzig melangkah ke perempat final.

Baca juga: Tuchel pastikan PSG tak terpatok buru kemenangan 1-0 atas Dortmund
Baca juga: Barcelona kontra Napoli dimainkan tanpa penonton


Susunan pemain:

RB Leipzig (3-4-3): Peter Gulacsi; Lukas Klostermann, Dayot Upamecano, Marcel Halstenberg; Nordi Mukiele (Tyler Adams), Marcel Sabitzer (Emil Forsberg), Konrad Laimer, Angelino; Christopher Nkunku (Amadou Haidara), Patrik Schick, Timo Werner
Pelatih: Julian Nagelsmann

Tottenham Hotspur (3-4-3): Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Eric Dier, Japhet Tanganga; Serge Aurier (Malachi Fagan-Walcott), Harry Winks, Giovani Lo Celso (Gedson Fernandes), Ryan Sessegnon; Erik Lamela, Dele Alli, Lucas Moura
Pelatih: Jose Mourinho

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020